Nobel untuk penemu virus hepatitis C
Health

Penemu Virus Hepatitis C Raih Penghargaan Nobel

Ika Fatma Ramadhansari
Senin, 5 Oktober 2020 - 20:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ilmuwan asal Amerika Serikat Harvey J. Alter dan Charles M. Rice beserta Michael Houghton asal Inggris mendapatkan Nobel bidang obat dan psikologi atas Penemuan Virus Hepatitis C.

Penghargaan tersebut diumumkan di Stockholm oleh Ketua Komite Penghargaan Nobel Thomas Perlmann, Senin (5/10/2020) dilansir dari foxnews.com.

Seperti yang disebutkan @NobelPrize di laman twitternya, berkat penemuan ini penyakit hepatitis sekarang sudah bisa disembuhkan karena telah ditemukan virus penyebab hepatitis.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan terdapat lebih dari 70 juta kasus hepatitis di dunia dan 400.000 orang diantaranya meninggal setiap tahunnya. Penyakit ini merupakan penyakit kronis dan penyebab utama dari inflamasi hati dan kanker.

Penerima Nobel ini diberikan hadiah medali emas dan uang sebesar 10 juta Krona Swedia (setara 16 Miliar Rupiah lebih).

Penghargaan Nobel tahun ini menambahkan penghargaan di bidang psikologi atau pengobatan dikarenakan virus corona yang melanda dari akhir tahun 2019 lalu yang kemudian menjadi pandemi. Akibat pandemi ini pentingnya pengobatan bagi masyarakat dan perekonomian dunia sangat dirasakan.

Ini merupakan pengumuman pertama dan akan berlangsung selanjutnya hingga 12 Oktober mendatang. Penghargaan lain yang akan diumumkan yaitu bidang fisika, sastra, kimia, perdamaian dan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro