Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Vaksin Oral Covid-19 Mulai Masuki Uji Klinis

Kepala petugas ilmiah dan juga pendiri Vaxart Sean Tucker, Ph.D. mengungkapkan VXA-Cov2-1 diajukan untuk pengembangan uji klinis berdasarkan hasil data praklinis yang menunjukkan bahwa vaksin tersebut mampu mendorong kuat respon imun sistemik dan respon imun mukosa, khususnya pada paru-paru.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  15:19 WIB
Vaxart inc
Vaxart inc

Bisnis.com, JAKARTA – Berbagai perusahaan farmasi berlomba menguji coba vaksin Covid-19. Kali ini perusahaan bioteknologi Vaxart Inc. mengajukan uji klinis tahap pertama vaksin oral berbentuk tablet untuk pengobatan Covid-19.

Dikutip dari GlobeNewswire pada Rabu (14/10/2020), kepala petugas ilmiah dan juga pendiri Vaxart Sean Tucker, Ph.D. mengungkapkan VXA-Cov2-1 diajukan untuk pengembangan uji klinis berdasarkan hasil data praklinis yang menunjukkan bahwa vaksin tersebut mampu mendorong kuat respon imun sistemik dan respon imun mukosa, khususnya pada paru-paru.

"Kami sangat ingin menjelajahi profil klinis dari VXA-Cov2-1 untuk perlindungan efektif terhadap infeksi SARS-CoV-2 dan penularan pada orang dewasa yang sehat," ungkap Tucker.

Uji klinis tahap pertama ini dilakukan kepada 48 orang relawan dewasa yang sehat berusia 18 hingga 54 tahun untuk mengukur keamanan dan imunogenisitas dari dua dosis VXA-Cov2-1.

Hasil dari uji klinis tahap pertama diperkirakan keluar awal November 2020. Akan ada peserta pengujian yang mengonsumsi dosis rendah maupun dosis tinggi VXA-Cov2-1 mulai dari hari pertama hingga hari ke-29. Penilaian keamanan, reaktogenisitas dan imunogenisitas akan dilakukan pada waktu yang ditentukan selama fase akhir.

Indikasi immuno-onkologi pertama Vaxart saat ini program pengembangan VXA-Cov2-1 mencakup vaksin tablet yang dirancang untuk melindungi dari virus corona, norovirus, influenza musiman, dan virus pernapasan syncytial (RSV), serta vaksin terapeutik untuk papillomavirus pada manusia (HPV).

Vaxart bekerja sama dengan perusahaan biofarmasi Kindred BioSciences untuk memproduksi obat tablet tersebut dilansir dari Fox News.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Vaksin Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top