Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Beda Aktivitas & Usia, Beda Kebutuhan Maskernya. Simak Tips Spesifik dari WHO

Cara pencegahan yang paling mudah yakni dengan menjaga jarak aman, menggunakan masker, menjaga sirkulasi udara di ruangan, menghindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 18 Oktober 2020  |  22:11 WIB
Masker terbuat dari batik untuk mencegah penularan Covid-19. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @jokowi
Masker terbuat dari batik untuk mencegah penularan Covid-19. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @jokowi

Bisnis.com, JAKARTA – Di masa pandemi Covid-19, sudah menjadi kewajiban untuk saling menjaga kesehatan sesama. Dengan melakukan adaptasi kebiasaan baru, kita tak hanya menjaga diri sendiri tapi juga orang lain yang berinteraksi dengan kita, agar terhindar dari penularan virus corona.

Nah, apa yang harus dilakukan untuk menjaga diri Anda dan orang lain aman dari Covid-19?

Dalam laman resmi WHO yang dikutip Bisnis, Minggu (18/10/2020), merilis ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk terhindar dari penularan. Cara pencegahan yang paling mudah yakni dengan menjaga jarak aman, menggunakan masker, menjaga sirkulasi udara di ruangan, menghindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun.

Lebih rinci, protokol kesehatan yang dianjurkan WHO yakni menjaga jarak aman yang harus dijaga minimal sekitar 1 meter untuk mengurangi risiko infeksi saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Pertahankan jarak yang lebih jauh antara Anda dan orang lain saat berada di dalam ruangan. Semakin jauh, semakin baik.

Beradaptasi dengan pemakaian masker sebagai kebiasaan baru yang menjadi gaya hidup sehari-hari saat berada di sekitar orang lain.

Untuk pemakaian masker, ada dua tips dari WHO untuk cara penggunaan yang baik. Pertama, sebelum mengenakan dan sesudah melepas masker, bersihkan tangan pakai sabun atau sanitizer. Kedua, pastikan masker yang dipakai menutupi hidung, mulut, dan dagu.

Berikut ini tips spesifik untuk penggunaan masker, disesuaikan dengan siapa penggunaannya, kapan, jenis masker, seberapa banyak virus yang beredar di tempat tinggal Anda, akan bepergian ke mana?

Pertama, kenakan masker kain, kecuali jika Anda termasuk dalam kelompok risiko tertentu. Hal ini sangat penting terutama saat Anda tidak dapat menjaga jarak fisik, atau dalam ruangan dengan pengaturan dalam ruangan yang padat dan berventilasi buruk.

Kedua, kenakan masker medis / bedah jika Anda: berusia lebih dari 60 tahun, memiliki kondisi medis yang mendasari, merasa tidak enak badan, dan/atau sedang merawat anggota keluarga yang sakit.

Ketiga, bagi petugas kesehatan, masker medis adalah alat pelindung diri yang penting saat berhubungan dengan pasien yang diduga, mungkin, atau terkonfirmasi Covid-19. Masker pernapasan (seperti FFP2, FFP3, N95, N99) harus digunakan dalam pengaturan di mana prosedur yang menghasilkan aerosol dilakukan dan harus dipasang untuk memastikan ukuran yang tepat dipakai.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

who masker Covid-19 Protokol Pencegahan Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top