Covid Toe atau radang pada kaki menjadi gejala virus corona (Covid-19)./Metro
Health

Kenali Covid Toes, Ruam pada Jari Kaki Pasien Virus Corona

Nirmala Aninda
Sabtu, 31 Oktober 2020 - 11:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Di saat pandemi virus corona terus berkembang, masyarakat mendapatkan informasi baru setiap harinya tentang bagaimana penyakit ini muncul selain dari tiga gejala utama yakni batuk terus menerus, kehilangan indra penciuman, dan demam.

Salah satu gejala baru muncul dalam beberapa bulan terakhir adalah 'Covid Toe.' Penelitian terbaru menunjukkan bahwa radang pada jari kaki mulai sering terlihat pada pasien yang terinfeksi virus corona.

Beberapa pasien menunjukkan kondisi ruam kemerahan hingga ungu yang bengkak dan gatal dapat berlangsung selama berbulan-bulan bahkan setelah tes virus corona menunjukkan hasil negatif.

"Saya baru-baru ini melihat beberapa kasus Covid toes pada pria dan wanita. Biasanya pada populasi yang lebih muda antara usia 20-an hingga 40-an tetapi siapapun dapat memiliki Covid toes. Bahkan jika Anda tidak menunjukkan gejala, ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda perlu tes Covid," kata Marion Yau, ahli penyakit kaki di Harley Medical Foot and Nail Clinic, seperti dikutip melalui Metro UK, Sabtu (31/10/2020).

Namun, ruam pada jari kaki bisa juga muncul akibat chilblains atau peradangan di pembuluh darah kecil yang ada di sekitar jempol kaki,, setelah beberapa kali terpapar suhu dingin, seperti saat Anda bertelanjang kaki di sekitar rumah sepanjang hari.

Marion mengatakan bahwa pasien dapat membedakan keduanya dengan memeriksa di mana dan kapan gejalanya muncul. Gejala chilblains berhubungan dengan paparan suhu dingin dan musim hujan.

Chilblains dapat mempengaruhi tangan, kaki, telinga dan wajah. Sedangkan Covid toe hanya muncul di bagian kaki dan tidak ada korelasi musiman dan bisa terjadi kapan saja. Munculnya Covid toe disebabkan oleh respons peradangan akibat infeksi.

Menurutnya, sebagian besar gejala Covid toe tidak memerlukan perawatan dan ruam dapat berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa pekan setelah Anda dinyatakan Covid-negatif.

"Minum beberapa pereda nyeri jika jari-jari kaki tidak nyaman dan jaga area tersebut tetap hangat dengan memakai kaus kaki dan sandal yang lebih tebal. Jika gejala tidak membaik setelah beberapa pekan, hubungi dokter Anda," kata Yau.

Jika Anda baru saja menyadari bahwa Anda memiliki apa yang Anda yakini sebagai jari Covid toe, penting untuk segera diuji dan lakukan isolasi. Ini dapat muncul bahkan pada orang yang tidak bergejala seperti orang yang tertular virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro