Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sempat Tertunda, APPMI Gelar Indonesia Fashion Week 2020 Secara Virtual

Sejatinya pekan mode terbesar di Tanah Air ini direncanakan berlangsung pada 1 April - 5 April 2020, namun pelaksanaanya terpaksa ditunda di tengah merebaknya virus corona di Indonesia sejak pertengahan Maret.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 09 November 2020  |  17:29 WIB
Ilustrasi fashion show APPMI
Ilustrasi fashion show APPMI

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia Fashion Week 2020 pada akhirnya ditetapkan akan diselenggarakan secara virtual pada 14 - 15 November

2020 di channel YouTube Indonesia Fashion Week Official.

Sejatinya pekan mode terbesar di Tanah Air ini direncanakan berlangsung pada 1 April - 5 April 2020, namun pelaksanaanya terpaksa ditunda di tengah merebaknya virus corona di Indonesia sejak pertengahan Maret.

Presiden IFW dan Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono menyampaikan bahwa IFW memiliki tanggung jawab moral kepada publik dan kepada pemerintah juga semua stakeholder yang selalu mensupport APPMI.

"Kita semua di APPMI dan tim IFW ini juga belajar sesuatu yang baru yang ke depannya kita semua harus beradaptasi dengan kehidupan baru, prilaku baru, dan langkah baru di pandemi ini," ujar Poppy, Senin (9/11)

Dalam konferensi pers yang diadakan secara virtual, Poppy juga menyampaikan bahwa akan ada 65 desainer yang berpartisipasi pada pagelaran di akhir pekan nanti.

Karena periode acara yang dipersingkat, setiap desainer yang biasanya memamerkan 15 hingga 20 rancangan, kali ini hanya akan memperlihatkan sekitar 5 desain terbaik mereka.

Sama seperti tahun sebelumnnya, Indonesia Fashion Week (IFW) 2020 akan kembali mengangkat tema budaya Kalimantan yang bertajuk "Tales of the Equator - Treasure of the Magnificent Borneo".

Seperti diketahui Kalimantan memiliki unsur kebudayaan yang beragam, unik, dan memiliki banyak dimensi yang bisa dieksplorasi menjadi sumber inspirasi bagi industri fesyen Indonesia.

"Selama ini kita sudah sering membawa inspirasi dari Sumatra dan Jawa, sekarang giliran daerah lain untuk tampil. Ini juga selaras dengan program 10 tujuan wisata prioritas pemerintah," tambahnya.

Meski digelar secara virtual, Indonesia Fashion Week (IFW) 2020 akan dikemas dengan konsep yang tak kalah menarik.

Puluhan desainer dari dalam hingga luar negeri akan terlibat dalam pagelaran fesyen era baru ini.

Sederet desainer ternama seperti Ida Royani, Agnes Budhisurya, Sugeng Waskito, Tuty Ayib dan Jenny Cahyawati akan turut memamerkan koleksi-koleksi terbaiknya.

Selain itu akan ada konten Fashion Talk yang mengangkat tema-tema inspiratif dan informatif seputar dunia fesyen dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Ajang pencarian bakat desainer muda yakni Young Fashion Designer Competition (IYFDC) juga tetap digelar dalam rangkaian acara Indonesia Fashion Week (IFW) 2020.

Pihak juri dari IYFDC yang terdiri dari Aam Kekean, Misan Kopaka, Jacky Suharto, Bimo, dan Alya Dimitri, akan menilai karya-karya dari sepuluh desainer muda terbaik yang telah diseleksi sebelumnya untuk kembali bersaing di panggung Indonesia Fashion Week (IFW) 2020.

Poppy menambahkan, pemenang IYFDC akan mendapatkan beasiswa studi di tiga sekolah mode ternama antara lain Italian Fashion Institute Jakarta, LaSalle College Jakarta, dan Koefia International Fashion & Arts Academy di Roma, Italia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

appmi fashion
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top