Ilustrasi vaksin Covid-19./Antara
Health

Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer dan BionTech Akan Dijual di Bawah Harga Pasaran

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 10 November 2020 - 21:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -BioNTech, salah satu perusahaan pengembang vaksin Covid-19, berencana untuk memberi harga rejimen dua suntikan di bawah "harga pasar" dan akan membedakan harga antar negara atau wilayah.

Berbicara di acara online Financial Times, kepala strategi perusahaan bioteknologi Jerman Ryan Richardson mengatakan label harga vaksin, yang dikembangkan bersama dengan Pfizer dan belum mendapatkan persetujuan penggunaan, akan mencerminkan risiko keuangan yang dihadapi investor sektor swasta.  

"Kami telah mencoba menerapkan pendekatan seimbang yang mengakui bahwa inovasi membutuhkan modal dan investasi, jadi kami berencana untuk memberi harga vaksin kami jauh di bawah harga pasar biasa, mencerminkan situasi kami saat ini, dan dengan tujuan untuk memastikan akses berbasis luas di seluruh dunia, "kata Richardson dilansir dari CNA.

"Saya berharap akan ada harga yang berbeda di wilayah tertentu di dunia," tambahnya, namun menolak untuk menjelaskan lebih lanjut tentang label harga yang berbeda.

Vaksin itu pada hari Senin diklaim terbukti 90 persen efektif, berdasarkan hasil uji coba awal. Hasil ini menjadi tonggak penting dalam perang melawan virus yang telah menewaskan lebih dari satu juta orang dan menghancurkan ekonomi dunia.

Pada bulan Juli Pfizer telah setuju dengan pemerintah AS untuk memasok 100 juta dosis vaksin potensial dengan harga US$39 untuk imunisasi dua dosis, atau US$19,50 per dosis, dengan opsi untuk menjual 500 juta dosis lagi dengan syarat kepada  dinegosiasikan secara terpisah.

Komisi Eropa pada Rabu akan membahas adopsi kontrak pasokan dengan Pfizer dan BioNTech. Kabar awal pekan ini mengatakan kontrak hingga 300 juta dosis hampir ditandatangani, tanpa memberikan persyaratan keuangan.

Richardson juga mengatakan bahwa tujuan kedua mitra untuk memasok 1,3 miliar dosis pada tahun 2021 akan menjadi hasil dari upaya peningkatan hingga paruh kedua tahun depan.

Meskipun akan ada "pasokan signifikan" selama paruh pertama, peningkatan produksi akan terus berlanjut sepanjang tahun 2021.

Kepala strategi BioNTech menekankan bahwa, meskipun grup Jerman telah menerima dukungan dari sektor publik, risiko yang diambil oleh investornya akan mendapatkan imbalan finansial dari vaksin masa depan.

"Kami menghadapi risiko finansial yang cukup besar. Kami telah meningkatkan modal di pasar modal," katanya.

Richard Hatchett, kepala eksekutif dari Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI), mengatakan bahwa proyek Pfizer dan BioNTech adalah satu-satunya di antara 10 pengembang vaksin terkemuka yang belum menerima "pembiayaan sektor publik yang substansial".

Pada bulan Juni, Bank Investasi Eropa, badan keuangan UE, memberikan BioNTech €100 juta dalam bentuk hutang pembiayaan untuk pengembangan dan pembuatan vaksin COVID-19.

Kementerian penelitian Jerman pada bulan September memberikan BioNTech €375 juta, sesuai dengan pencapaian tertentu, juga untuk meningkatkan pengembangan dan produksi vaksin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro