Layanan rapid test di Stasiun Madiun untuk memberikan kemudahan pelanggan yang akan menggunakan kereta api pada masa adaptasi kebiasaan baru./Antara
Health

Peringati HKN, Menkes Terawan Tegaskan Kepatuhan Protokol Kesehatan

Mutiara Nabila
Jumat, 13 November 2020 - 10:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan agar seluruh masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan.

Dengan mengusung tema Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat dan subtema Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19, Hari Kesehatan Nasional tahun ini selaras dengan situasi pandemi Covid-19 yang memacu kita untuk berubah di setiap aspek kehidupan.

Terawan berpesan supaya dalam situasi pandemi, masyarakat diharapkan tetap produktif, tetapi tetap aman dari Covid-19. Oleh karena itu, adaptasi kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan merupakan hal yang tak bisa ditawar lagi.

“Pemerintah saat ini terus berupaya menangani pandemi Covid-19 dengan dukungan dan peran serta stakeholder, serta masyarakat. Berbagai upaya kesehatan terus dilakukan dalam bentuk prevent, detect, dan response agar jumlah kasus menurun, kesembuhan meningkat dan kematian dapat dicegah,” kata Menkes Terawan melalui siaran pers, Jumat (13/11/2020).

Upaya penting yang berkaitan dengan hal tersebut adalah penerapan protokol kesehatan melalui penggunaan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan, menjaga daya tahan tubuh dengan gizi seimbang, rutin melakukan olahraga, dan mengelola stres.

Terawan melanjutkan bahwa pandemi Covid-19 juga memberikan bangsa ini pelajaran akan pentingnya kemandirian produk obat dan alat kesehatan dalam negeri untuk ketahanan nasional.

Dia menerangkan bahwa bersama pemangku kepentingan terkait, Indonesia dapat mewujudkan bahan baku obat produksi dalam negeri, alat kesehatan low medium technology produksi dalam negeri, yang kemudian dimanfaatkan dalam penanganan Covid-19.

“Oleh karenanya, momentum ini harus tetap dijaga untuk kita tingkatkan bagi percepatan terwujudnya kemandirian obat dan alat kesehatan nasional,” ujar Terawan.

Adapun, pemerintah saat ini juga sedang menyiapkan pengadaan vaksin Covid-19 yang aman untuk dapat memberi perlindungan kepada segenap masyarakat Indonesia di tengah pandemi ini dan tetap harus menerapkan protokol kesehatan sebagai kebiasaan baru.

“Kita berharap supaya adaptasi kebiasaan baru dapat terus diterapkan di masyarakat dalam segala aktivitas yang dilakukan agar tetap bisa produktif, namun tetap aman dari Covid-19,” tambahnya.

 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Zufrizal
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro