Ilustrasi pengecekan kadar gula darah terhadap penderita diabetes melitus/Reuters
Health

Simak! Prinsip Hidup Penting untuk Penderita Diabetes

Desyinta Nuraini
Sabtu, 14 November 2020 - 17:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Prinsip 3J wajib diterapkan bagi penderita diabetes. Adapun 3 J yang dimaksud yakni jumlah, jenis, dan jadwal.

Ahli Gizi Primaya Evasari Hospital dr. Steffi Sonia mengatakan dari jumlah, pasien diabetes perlu mengikuti prinsip gizi seimbang, yakni dalam satu porsi piring makan, 1/2 piring berisi sayuran dan buah, 1/4 karbohidrat, dan 1/4 sisanya protein.

"Dan membatasi asupan gula maksimal 2 sendok makan, kalau tidak mengkonsumsi gula sama sekali lebih bagus lagi," ujarnya dalam webinar bertajuk 'World Diabetes Day: Jalani Hari Tua Berkualitas Dengan Memahami Diabetes Sejak Dini', Sabtu (14/11/2020).

Kemudian dari jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi adalah rendah beban glikemik. Caranya yakni memilih makanan atau minuman tinggi serat seperti sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Juga, makanan tinggi karbohidrat bersama dengan lauk nabati maupun hewani karena dia adalah sumber protein dan lemak yang bisa melandaikan kadar glukosa darah.

Dari segi jadwal, lanjut Steffi, yang bagus pada pasien diabetes adalah dibagi menjadi tiga kali makan utama dan tiga kali makan kecil

"Bikin per 3 jam sekali makan, sarapan pagi, makan siang, selingan siang, makan malam dan selingan malam pada pasien-pasien yang sudah diabetes atau sudah menggunakan insulin," tuturnya.

Steffi mencatat makanan selingan malam menjadi penting karena seringkali diabetes pada subuh hari mengalami gula darah yang rendah. Oleh karena itu, ada baiknya selingan malam merupakan karbohidrat namun dalam jumlah terbatas dan dilakukan pukul 21.00 WIB.

Kendati demikian yang terpenting kata Steffi yakni pasien diabetes harus berkonsultasi dengan dokter dan mengecek rutin kadar gula darahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro