Alpukat/boldsky.com
Fashion

Simak! Ini Menu Sarapan untuk Diet

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 21 November 2020 - 14:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Roti panggang mentega dengan segelas jus buah campuran mungkin terdengar seperti pilihan sarapan yang lezat.

Tetapi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat tinggi ini untuk sarapan tidak akan membantu.

Lantas, sarapan seperti apa yang ideal untuk menurunkan berat badan?

Sarapan yang bertujuan untuk mengurangi berat badan Anda harus mengandung karbohidrat kompleks, lemak sehat, serat, dan protein. Ya, sarapan yang sehat seharusnya merupakan kombinasi dari semua nutrisi penting ini. Memiliki nutrisi penting ini di piring sarapan Anda setiap hari pasti akan membantu Anda menggerakkan timbangan.

Terlepas dari apa pun yang dikatakan seseorang kepada Anda, pastikan untuk tidak melewatkan sarapan dan terutama saat Anda mencoba menurunkan berat badan. Ketika Anda mencoba menghemat kalori dengan tidak sarapan, yang terjadi justru sebaliknya. Melewatkan sarapan dalam banyak kasus menyebabkan makan berlebihan di kemudian hari dan mengemil makanan yang kurang bergizi.

Mereka yang berjuang menurunkan berat badan harus mencoba kombinasi yang berbeda untuk memasukkan karbohidrat kompleks, lemak sehat, protein dan serat dalam sarapan harian mereka. Makan sarapan sehat yang sehat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah ngemil tanpa pikiran.

Studi telah menemukan bahwa orang yang makan sarapan lebih banyak cenderung menurunkan berat badan lebih banyak daripada orang yang makan sarapan lebih sedikit. Sarapan yang lebih banyak juga membuat Anda tetap berenergi dan membantu Anda berolahraga lebih baik. Berikut 3 jenis makanan yang harus dikonsumsi saat sarapan

1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang serat dan pati alaminya belum terkelupas. Karbohidrat jenis ini memiliki rantai molekul gula yang lebih panjang, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, membuat Anda merasa energik dan membuat Anda kenyang lebih lama. Beberapa contoh umum karbohidrat kompleks termasuk kentang, jagung, kacang-kacangan, buncis, dan lentil.

2. Lemak sehat

?Anda mungkin pernah mendengar banyak hal buruk tentang lemak, tetapi memiliki lemak sebagai bagian dari makanan sebenarnya baik. Tambahkan lemak tak jenuh ke dalam makanan Anda, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik Anda. Lemak tak jenuh seperti karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Beberapa contoh lemak baik termasuk alpukat, selai kacang, kacang-kacangan, biji-bijian, dan beberapa minyak.

3. Protein

?Protein adalah salah satu nutrisi termudah untuk ditambahkan dalam sarapan Anda. Telur, yoghurt yunani, bacon, keju cottage, dan selai kacang adalah beberapa sumber protein yang umum.

4. Serat

?Jika Anda memasukkan semua tiga elemen di atas ke dalam piring sarapan Anda, Anda sudah memiliki semacam elemen serat di dalamnya. Tetapi untuk tambahan serat itu, Anda bisa menambahkan beberapa buah-buahan, sayuran tumis, beri dalam sarapan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro