Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali 4 Penyakit di Musim Hujan dan Cara Mengatasinya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, 21-27 November 2020, adanya potensi cuaca ekstrem dan hujan dengan intensitas lebat.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 25 November 2020  |  21:50 WIB
Petugas Dinas Kesehatan menunjukkan nyamuk saat melakukan kegiatan pemberantasan jentik nyamuk di kawasan kota Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (6/2/2019). - ANTARA/Anis Efizudin
Petugas Dinas Kesehatan menunjukkan nyamuk saat melakukan kegiatan pemberantasan jentik nyamuk di kawasan kota Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (6/2/2019). - ANTARA/Anis Efizudin

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia kini sedang memasuki musim penghujan, musim yang terbilang rawan dengan berbagai penyakit. Di musim seperti ini, mikroba dan virus lebih mudah berkembang biak.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, 21-27 November 2020, adanya potensi cuaca ekstrem dan hujan dengan intensitas lebat. Selain itu, juga disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Maka dari itu ketika musim penghujan datang, kita harus menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit. Lantas, apa saja penyakit yang muncul saat musim hujan tiba? Berikut Bisnis rangkum dari HaloDoc, tentang penyakit di musim penghujan:

1. Demam Tifoid (Tifus)

Penyakit tifus harus diwaspadai saat musim penghujan datang. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang menyebar melalui makanan yang terkontaminasi. Seseorang yang mengidap penyakit ini biasanya merasakan demam, sakit kepala, sakit perut, atau diare.

2. Influeza (Flu)

Virus flu sering meningkat tajam kasusnya saat di musim pancaroba dan musim penghujan. Penyakit ini dapat dengan mudah menyebar melalui udara atau air ludah. Virus ini mudah bermutasi setiap waktu yang menimbulkan sistem kekebalan tubuh sulit mendeteksi virus ini, sehingga membuat tubuh cenderung terkena flu.

3. Diare

Diare adalah penyakit yang ditandai dengan frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya. Diare juga ditandai dengan encernya feses. Pada umumnya bakteri yang menyebabkan diare adalah rotavirus, shigella, E. colli, cryptosporidium, dan lain sebagainya.
Karena frekuensi buang air besar yang tidak seperti biasanya, maka mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan cairan.

4. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Mengutip dari data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada ‘Flooding and Communicable Diseases fact Sheet’, disebutkan bahwa demam dengue merupakan penyakit yang rentan terjadi di musim hujan.
Seseorang yang mengidap DBD bisa mengalami muntah secara terus-menerus, darah pada urine, nyeri perut, mudah lelah, pendarahan pada hidung dan gusi, hingga kesulitan bernapas.

Tips Mencegah Penyakit di Musim Hujan
Berikut Bisnis rangkum dari KlikDokter, terkait tips dalam mencegah penyakit saat musim hujan tiba:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Ketika musim penghujan tiba, maka untuk menjaga kesehatan tubuh diperlukan makanan yang bergizi seimbang. Konsumsilah makanan bergizi seimbang seperti buah dan sayur yang cukup serat, vitamin, dan mineral. Dengan mengonsumsi buah yang tinggi vitamin C, maka dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima.

2. Penuhi Asupan Cairan

Biasanya saat musim hujan tiba, tubuh akan banyak kehilangan cairan.  Terutama saat mengalami diare dan muntah. Oleh sebab itu, tubuh harus terpenuhi cairannya dengan meminum 1,5-2 liter air per hari. Hal ini dilakukan untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

3. Istirahat

Pola tidur harus diatur dengan baik agar tubuh tetap bugar dan siap melakukan kegiatan. Usahakan agar tidur berdurasi 7-8 jam per hari.

4. Cuci Tangan dengan Sabun

Untuk menjaga diri dari penyakit, maka diperlukan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Penelitian telah membuktikan bahwa mencuci tangan dengan sabun adalah cara yang ampuh untuk mencegah kuman penyakit. Biasakan mencuci tangan ketika mandi, sebelum dan sesudah makan, sebelum dan setelah menggunakan toilet, dan kegiatan lainnya.

5. Hindari Konsumsi Makanan yang Tidak Higienis

Bakteri saat di musim penghujan akan cepat berkembang biak, maka dari itu hindari konsumsi makanan yang tidak higienis. Ketidakhigienisan dapat dilihat dari proses atau cara pembuatan bahkan penyajian dari makanan itu sendiri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit musim hujan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top