Kim Jong Un/istimewa
Health

Lawan Corona, Korea Utara Dilaporkan Memperketat Perbatasan

Syaiful Millah
Senin, 30 November 2020 - 10:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Media pemerintah Korea Utara mengatakan bahwa negaranya telah memperketat perbatasan untuk membangun ‘tembok pertahanan’ menghadang dan melawan pandemi virus corona Covid-19.

Dilansir dari New York Post, Senin (30/11) laporan dari Korean Central News Agency yang dikelola oleh pemerintah menyatakan bahwa negara di bawah pimpinan Kim Jong-un itu telah meningkatkan jumlah pos penjagaannya dan membangun tembok pertahanan yang kuat di wilayah perbatasan.

Negara itu juga bekerja keras untuk menghilangkan unsur-unsur yang tidak higienis di lingkungan mereka yang dapat membantu memberi ruang bagi penyebaran pandemi virus corona baru, utamanya selama musim dingin.

Langkah-langkah tersebut mencakup aturan baru tentang bepergian ke laut dan mengumpulkan bahan-bahan yang berpotensi terkontaminasi. Pejabat intelijen Korea Selatan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa pemimpin Korea Utara melarang penangkapan ikan dan produksi garam untuk mencegah air laut terinfeksi virus.

Ha Tae-keung, salah satu pejabat Korea Selatan yang mengurusi masalah tersebut mengatakan dia telah diberitahu bahwa petinggi Korea Utara menunjukkan kemarahan yang berlebihan dan mengambil tindakan irasional atas pandemi dan dampak ekonominya.

Langkah-langkah terbaru ini terus dilakukan kendati Korea Utara bersikeras bahwa negara mereka tidak memiliki satu pun kasus Covid-19. Sementara itu, para ahli luar negeri mempertanyakan klaim tersebut secara total.

Para ahli percaya, Korea Utara mengalami dampak dari pandemi Covid-19 yang parah karena negara tersebut berbagi perbatasan dengan China, sebagai sumber wabah virus corona baru. Belum lagi, sistem kesehatan masyarakat negara itu yang tidak memadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro