Converse Art Street
Fashion

Converse Gagas Kampanye Bersihkan Udara Lewat Street Art

Mia Chitra Dinisari
Senin, 7 Desember 2020 - 17:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seni jalanan atau street art kerap dikenal sebagai aksi pemberontakan, namun kini menjadi ajang kreativitas dan media artistik untuk kemajuan sosial.

Perusahaan sepatu Converse telah meluncurkan kampanye melukis mural yang berkelanjutan dan membawa makna baru pada seni jalanan di kota-kota di seluruh dunia.

Anggota komunitas kreatif Converse All Stars global telah bermitra dengan Converse untuk melukis mural di kota-kota di seluruh dunia dengan menggunakan bahan cat KNOxOUT, yang memanfaatkan sinar matahari untuk mengurangi polutan udara berbahaya, sekaligus memurnikan udara di sekitarnya.

Kampanye seni jalanan, yang pertama kali diluncurkan secara global pada Agustus 2019 ini dijuluki "Converse City Forests" dan merupakan perayaan untuk berkreasi bersama untuk kemajuan sosial.

Membawa visi kreatif lokal, Converse percaya bahwa ekspresi diri dan seni memiliki kekuatan untuk merefleksikan masa kini, memprovokasi dialog, dan membangun jembatan di antara kita. Mural adalah seruan publik untuk kemajuan di area yang sangat terlihat di setiap kota dan membawa makna baru pada seni jalanan untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan serta kondisi lingkungan yang lebih bersih.

Saat kota dibuka kembali dan pulih dari pandemi, harapannya mural ini dapat menjadi titik terang: memprovokasi dan mengilhami dialog tentang peran seni yang dimainkan dalam kehidupan kita sehari-hari dan di jalanan, dan mencerminkan masa depan yang lebih berkelanjutan dan menjunjung kesetaraan melalui pesan-pesan dari anak-anak kreatif lokal.

Di sini, di Jakarta, Indonesia, lukisan mural digoreskan tepat di tembok luar Institut Prancis Indonesia (IFI). Berlokasi di Jalan M.H. Thamrin, merupakan tempat yang strategis karena tingginya tingkat pencemaran udara akibat kendaraan bermotor di sekitarnya. Converse Indonesia bersama dengan seniman lokal ternama Olderplus dan Blesmokie, membuat mural yang berfokus kepada kelestarian lingkungan ini dengan tetap merepresentasikan ciri khas dan budaya masyarakat Indonesia.

“Saya senang bisa menjadi bagian dari proyek ini. Kami tidak hanya melukis seni yang indah, tetapi maksud dari kampanye ini juga sangat dalam - kami diberi kesempatan untuk merayakan semangat ketahanan masyarakat Indonesia, dan juga membantu membersihkan lingkungan dari polusi udara yang berbahaya. Jadi bagi saya, karya kami tidak hanya menjadi mural yang cantik, tetapi juga berdampak positif pada lingkungan,” kata Olderplus.

“Mural ini merupakan kolaborasi pertama antara saya dan Oldie, yang membuatnya semakin menarik bagi saya,” tambah Blesmokie dalam keterangan tertulisnya.

Kampanye Hutan Kota tidak akan berhenti di Jakarta saja. Converse juga akan menggandeng seniman lokal di berbagai penjuru Indonesia, dan dunia, untuk mendukung misinya menciptakan udara segar di kota-kota. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro