Cuplikan film Tilik/ Dok. Youtube.com
Entertainment

Covid-19 dan Tilik Film Bu Tejo Terpopuler di Google Search 2020

Newswire
Rabu, 9 Desember 2020 - 17:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google mengumumkan Year in Search 2020 yang menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren tahun 2020 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia, mulai dari COVID-19 hingga film pendek "Tilik".

Year in Search 2020 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Year in Search menunjukkan bahwa di tahun 2020 adalah waktu yang penuh tantangan, perubahan, dan begitu banyak pertanyaan. Namun, kita bisa melihat bahwa orang Indonesia tangguh dan terus maju menghadapi tantangan dan perubahan ini," ujar Fida Heyder, Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia, melalui jumpa pers virtual, Selasa (8/12) dikutip dari Antara.

Tantangan baru yang muncul di tahun ini, menyebabkan orang Indonesia tidak ingin hanya mengikuti percakapan, tetapi berusaha memahami kabar terbaru; mulai dari isu nasional seperti “Omnibus Law”, “Resesi”, “Kartu Pra-Kerja”, hingga “Odading” dan “WFH”.

Penelusuran yang trending tahun ini juga menunjukkan bagaimana orang Indonesia tergerak oleh tindakan. Kita bisa melihat dari kata kunci seperti "cara membuat hand sanitizer", "cara mendaftar UKM online", "cara menjadi reseller", hingga "cara menjadi YouTuber pemula" adalah beberapa penelusuran yang menduduki tren teratas tahun ini.

Normal baru menggerakkan kebiasaan-kebiasaan baru, mempelajari keterampilan baru dari kegiatan belajar hingga gaya hidup.

Ada pertumbuhan minat pada hiburan dari Korea di Indonesia selama beberapa tahun ke belakang di banyak kategori mulai dari lagu, aktor/ aktris, serial TV, hingga resep.

Ada pula tren teratas dari sosok dan kisah yang menghibur, hingga karya asal Indonesia seperti film pendek "Tilik" yang viral di tahun ini.

Selain sosok dan karya baru yang masuk dalam beragam kategori tren pencarian, seperti Bintang Emon, Didi Kempot, Glenn Fredly, Omas, dan sederet nama besar lainnya.

Ada 9 kategori yang diumumkan tahun ini, diantaranya: Siapa, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lirik Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, Film dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan.

Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang Google Year In Search di dunia dapat mengunjungi google.co.id/2020 dan pengumuman Year in Search 2020 di channel YouTube Google Indonesia pada Rabu, 9 Desember 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro