Sel virus corona
Health

Duh, Gejala Varian Baru Virus Corona Muncul Lebih Cepat

Syaiful Millah
Rabu, 23 Desember 2020 - 11:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Para ahli telah memperingatkan masyarakat agar tidak panik dengan kemunculan varian baru virus corona yang ada di Inggris, tetapi warga tetapi khawatir tentang berbagai hal terkait fenomena yang masih belum jelas seperti apa dampaknya.

Peneliti terkemuka dari Gamaleya National Research Center for Epidemiology and Microbiology Fyodor Lisitsyn mengimbar warga tidak panik akibat penyebaran virus corona jenis baru. Menurutnya, fakta bahwa infeksi strain baru, gejala virus corona dimanifestasikan lebih awal dapat secara positif memengaruhi penyebaran infeksi.

“Orang tidak boleh terlalu panik karena ketegangan baru ini. Ketika propertinya diteliti, kita bahkan tidak tahu pasti ... Di sisi lain, ini adalah virus corona yang cepat dan kekurangannya memiliki kelebihan yaitu dengan penyebaran yang lebih cepat, gejala yang muncul juga lebih cepat,” katanya seperti dikutip Express UK, Rabu (23/12).

Sementara itu, Kepala Petugas Medis Inggris Chris Whitty mengatakan pada pekan lalu bahwa virus memang bermutasi sepanjang waktu. Dia menyoroti pentingnya mengetahui apakah varian ini lebih mudah menular, membuat orang sakit, atau mengubah cara sistem kekebalan menanggapi virus.

Dia menambahkan bahwa hingga saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan jenis baru tersebut menyebabkan tingkat kematian yang lebih tinggi. Hanya saja, memang telah dilaporkan bahwa varian baru berkontribusi terhadap peningkatan penyebaran kasus positif Covid-19 di beberapa titik.

Profesor imunologi dari Imperial College London Danny Altmann menambahkan sejak permulaan varian baru ini, para peneliti telah melihat mutasi terjadi di seluruh dunia. Akan tetapi, mutasi ini memiliki lebih banyak mutasi daripada varian apapun yang pernah dilihat peneliti.

“Beberapa mutasi ini adalah jenis virus baru yang mengikat sel manusia. Tampaknya itu benar-benar menjelaskan ketidaktertarikan yang telah kami lihat di London dan Inggris Tenggara dalam beberapa bulan terakhir,” ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya, karena variasi antibodi penetral yang diinduksi oleh pelopor vaksin utama, kecil kemungkinan bahwa strain baru itu akan resisten terhadap inokulasi. Akan tetapi, virus ini diketahui bergerak lebih cepat dan memiliki peningkatan kemampuan untuk proses transmisi.

Para peneliti dari King’s College memperingatkan gejala potensial dari varian virus corona baru yang harus diwaspadai meliputi sakit kepala, kelelahan, kehilangan selera makan, nyeri otot, diare, kebingungan atau delirium, dan diare.

Mereka memperingatkan jika Anda merasa memiliki gejala yang terkait dengan Covid-19 untuk segera melakukan isolasi mandiri dari orang lain dan mendapatkan tes sesegera mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro