Bisnis makanan beku yang tetap hangat saat pandemi virus corona (Covid-19)/istimewa
Health

Masa Pandemi, Masyarakat Lebih Peduli Soal Keamanan dan Kebersihan Pangan

Dewi Andriani
Rabu, 23 Desember 2020 - 20:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Keamanan pangan menjadi salah satu faktor yang mendapatkan perhatian masyarakat di masa pandemi Covid-19. Hal ini dibuktikan dari hasil survei Tetra Pak Index 2020 yang menunjukkan adanya peningkatan perhatian global sebesar 10 persen tentang keamanan pangan dan persediaan makanan pada masa ini dibandingkan 2019 lalu.

Temuan studi penelitian global Tetra Pak yang bekerja sama dengan Ipsos ini menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen konsumen tidak hanya percaya bahwa meningkatkan keamanan pangan adalah tanggung jawab produsen, tetapi juga perlu ditangani perusahaan sekarang dan di masa depan.

Menurut penelitian tahun ini, kesehatan di masa pandemi ini sangat terkait dengan peningkatan masalah keamanan dan kebersihan makanan, dengan dua pertiga konsumen mengatakan agar senantiasa sehat adalah dengan menjaga keamanan.

Sementara itu, 60 persen konsumen di seluruh dunia mengatakan bahwa mereka khawatir tentang higienitas dan keamanan makanan yang mereka beli. Ketika ditanya apa yang menjadi kunci bagi mereka dalam sebuah kemasan, konsumen menunjukkan bahwa memastikan keamanan pangan adalah tujuan utamanya.

Mereka juga mengungkapkan keprihatinan mengenai inovasi lingkungan dalam pengemasan yang berdampak pada keamanan pangan, meskipun mayoritas responden menyatakan 'menggunakan kemasan berkelanjutan' sebagai salah satu masalah utama yang perlu ditangani oleh merek makanan dan minuman - hari ini dan besok.

Adolfo Orive, Presiden dan CEO Tetra Pak, mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah mengganggu status quo, mempercepat tren, dan menciptakan lanskap baru kebutuhan dan peluang konsumen untuk dikembangkan oleh perusahaan.

Secara khusus, industri perlu mengatasi dilema yang berkembang seputar keamanan pangan dan lingkungan, melangkah ke arah tujuan ganda untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia sekaligus melindungi ekosistem planet kita.

“Di sinilah kemasan makanan dapat berperan kuat dalam mewujudkan harmoni,” ujarnya.
Tetra Pak bekerja sama dengan pelanggan dan para pemangku kepentingan, sedang dalam perjalanan untuk menciptakan kemasan makanan berkelanjutan terbaik, yaitu kemasan karton yang dibuat semata-mata dari bahan yang dapat diperbarui atau didaur ulang secara bertanggung jawab.

“Dapat didaur ulang sepenuhnya dan karbon netral, memungkinkan distribusi dan pertemuan ambien persyaratan keamanan pangan. Hal ini dilihat sebagai langkah penting dalam membangun masa depan yang berkelanjutan untuk generasi berikutnya, terutama setelah pandemi Covid-19,” terrangnya.

Sementara itu, Managing Director Tetra Pak Malaysia, Singapura, Filipina & Indonesia, Michael Wu, mengatakan bahwa secara global, laporan Tetra Pak Index 2020 menunjukkan bahwa keamanan pangan bervariasi di seluruh dunia.

Di Asia, khususnya di China, 9 dari 10 konsumen setuju bahwa keamanan pangan merupakan perhatian utama masyarakat.

“Di Indonesia, kami bekerja sama dengan pemangku kepentingan dan pelanggan lokal untuk menyediakan produk makanan dan minuman yang lebih sehat dan aman bagi konsumen. Karena Indonesia adalah negara kepulauan, kemasan memainkan peran penting dalam memastikan keamanan dan nutrisi produk,” ujarnya.

Disebutkan pula bahwa di Indonesia, pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen yang signifikan, termasuk minat baru pada masakan rumah dan keinginan akan pilihan makanan yang lebih sehat dan lebih aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro