Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wajib Tahu, 4 Perbedaan Utama Antara Gejala Flu dan Covid-19

Beberapa gejala umum Covid-19 dan flu seperti demam, pilek, kelelahan, kehilangan indra penciuman, sakit tenggorokan, dan hidung mampet
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  21:36 WIB
Pilek - nrp.org
Pilek - nrp.org

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19, banyak orang yang sulit membedakan antara gejala flu dan batuk dengan virus tersebut. Karena memang gejalanya mirip.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membedakan kedua penyakit tersebut.

Melansir Times of India, Kamis (7/1/2021), flu dan Covid-19 adalah virus pernapasan yang mungkin berbeda dalam tingkat risikonya, tetapi ditularkan dengan cara yang sama. Penularan infeksi terjadi dalam bentuk tetesan atau melalui udara.

SARS-COV-2 dan flu influenza menyebar melalui tetesan dan menyebabkan infeksi pada jalur pernapasan baik secara langsung melalui kontak atau melalui permukaan yang terkontaminasi.

Covid-19 tampaknya menyebar lebih mudah daripada flu dan menyebabkan penyakit yang lebih serius pada beberapa orang. Karena gejala flu dan Covid-19 serupa, mungkin sulit untuk membedakan keduanya berdasarkan gejalanya saja.

Namun Menurut HSE, ada empat poin utama perbedaan antara Covid-19 dan flu. Pertama yakni sesak napas yang biasa terjadi pada Covid-19 tetapi tidak dengan flu.

Kedua, tidak seperti virus corona, hilangnya indra penciuman atau pengecap sangat jarang terjadi dengan flu. Ketiga, sakit kepala lebih jarang terjadi pada pasien Covid-19, tetapi itu gejala klasik flu. Keempat, terasa sakit atau mual lebih sering dengan Covid-19 dan lebih jarang pada flu.

Meskipun Covid-19 dan flu adalah penyakit pernapasan, mereka memiliki banyak gejala yang umum dan bervariasi, mulai dari ringan hingga parah.

Beberapa gejala umum Covid-19 dan flu seperti demam, pilek, kelelahan, kehilangan indra penciuman, sakit tenggorokan, dan hidung mampet.

Sebagai pencegahan, penting menjaga jarak yang tepat dan menghindari kontak yang tidak perlu untuk sementara ini. Sementara flu dan Covid-19 menyebar melalui kontak dengan orang yang terinfeksi, itu hanya ideal untuk mengikuti pedoman dan protokol jarak sosial.

Meskipun banyak yang masih meremehkan manfaat memakai masker adalah tindakan pencegahan yang tidak hanya membantu Anda melindungi diri dari virus corona baru, tetapi juga melindungi Anda dari berbagai flu dan infeksi virus.

Selain jarak sosial dan memakai masker, mencuci tangan secara berkala dan membersihkan permukaan yang sering disentuh benar-benar dapat menurunkan risiko tertular segala bentuk penyakit menular.

Untuk flu influenza, mendapatkan vaksinasi flu dapat membantu mencegah virus

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

flu Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top