Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Hal yang Dibutuhkan Tubuh Sebelum Vaksinasi Covid-19

Seiring dengan program vaksinasi yang telah, masyarakat harus mempersiapkan tubuh sebelum mendapatkan vaksin. Berikut ini rangkuman apa saja yang harus dipersiapkan sebelum ikut vaksinasi Covid-19
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 17 Januari 2021  |  11:50 WIB
Petugas medis sebelum penyuntikan vaksin CoronaVac di Puskesmas Cilincing, Jakarta, Kamis (14/1/2021). - Antara
Petugas medis sebelum penyuntikan vaksin CoronaVac di Puskesmas Cilincing, Jakarta, Kamis (14/1/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah dimulai minggu lalu yang ditandai dengan penyuntikan gelombang pertama kepada Presiden Joko Widodo, Jumat (13/1/2021).

Vaksinasi perdana dimulai 26 provinsi pada Kamis (14/01/2021) menyusul 8 provinsi lainnya pada Jumat (15/01/2021) dan akan diteruskan ke seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan vaksinasi Covid-19 kepada 181,5 juta penduduk Indonesia bisa rampung sebelum akhir 2021.

Menurutnya, vaksinasi akan menjadi kunci utama yang sangat menentukan kebangkitan pascapandemi. Oleh sebab itu, pemerintah telah memulai program vaksinasi Covid-19 nasional secara gratis mulai Rabu (13/1/2021).

“Saya telah memerintahkan agar proses vaksinasi kepada kurang lebih 181,5 juta rakyat Indonesia bisa diselesaikan sebelum akhir tahun 2021 ini,” kata Jokowi.

Seiring dengan program vaksinasi yang telah, masyarakat harus mempersiapkan tubuh sebelum mendapatkan vaksin. Berikut ini rangkuman dari Bisnis, terkait dengan apa saja yang harus diperlukan oleh tubuh kita sebelum vaksinasi.

1. Konsultasi dengan Dokter Anda

Penting agar kita untuk berbicara dengan dokter, terutama jika Anda harus menggunakan obat-obat seperti Benadryl, steroid, atau epinefrin.

Dikutip dari 10WBNS, dokter yang mengkhususkan diri dalam pengobatan fungsional bisa memberikan nasihat tentang langkah-langkah tindakan yang membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk vaksinasi.

2. Jaga Imunitas

Dr. Anup Kanodia, profesor The Ohio State University, mengatakan hati, ginjal, dan sistem limfatik adalah organ detoksifikasi kita yang akan menyaring zat aditif dalam beberapa vaksin. Organ-organ ini harus diperhatikan fungsinya dengan baik.

Dikutip dari 10WBNS, dia merekomendasikan agar kita 'menyesuaikan' badan kita sebelum Anda divaksinasi untuk memastikan tingkat imunitasnya bekerja dengan baik.

Dr. Kanodia menyarankan terapi termasuk nutrisi IV sehingga tubuh siap menerima vaksin, atau terapi oksigen untuk memandikan sel tubuh dengan apa yang mereka butuhkan agar dapat melakukan fungsinya dengan baik, serta memberikan suplemen bagi sistem limfatik untuk membantu detoksifikasi.

3. Makan dan Istirahat yang Cukup

Pastikan untuk tidur yang nyenyak sehari sebelum mendapatkan vaksin — ini akan membantu sistem kekebalan Anda bekerja secara maksimal. Jika waktu vaksinasi Anda sekitar waktu makan, Anda juga harus makan sebelumnya dan minum air. Jangan pergi dalam keadaan lapar atau haus.

4. Ketahuilah kandungan vaksin

Vaksin Covid-19 umumnya aman dan efektif. Pasalnya, sejumlah vaksin tidak mengandung virus hidup sehingga tidak memicu penyakit lainnya atau menimbulkan Covid-19. Sebaliknya, vaksin yang tersedia umumnya mengandung messenger RNA (mRNA) dari kode genetik protein Covid-19.

Tubuh kita membuat protein ini, yang kemudian akan mendorong sistem kekebalan kita untuk membuat protein antibodi pelindung. Antibodi ini lah yang nantinya melindungi kita dari infeksi Covid-19. mRNA terdegradasi dengan cepat dan tidak pernah mendekati DNA manusia.

Salah satu vaksin yang mengandung mRNA adalah vaksin buatan Moderna yang bernama mRNA-1273 dan Pfizer-BioNTech. Beberapa vaksin lainnya berjenis viral vector.

Dikutip dari Beckman Coulter, vektor virus adalah alat yang dirancang untuk mengirimkan materi genetik ke dalam sel. Vektor virus telah berevolusi untuk mengembangkan mekanisme khusus yang mengangkut genom mereka ke dalam sel yang mereka infeksi.

Virus yang dimodifikasi digunakan sebagai vektor virus (atau 'pembawa') dalam terapi gen, melindungi gen baru dari degradasi sambil mengirimkannya ke "kaset gen" yang berada di dalam sel target. Menurut data BBC dan WHO, vaksin yang memiliki viral vector a.l. Sputnik V dari Gamaleya dan vaksin dari Oxford University-AstraZeneca.

5. Hindari stress

Para ahli merasa bahwa orang tidak boleh terlibat dalam aktivitas yang dapat membahayakan kesehatan mereka, atau menempatkan diri mereka dalam risiko satu atau dua hari sebelum giliran vaksinasi Anda.

Dikutip dari Times of India, menghindari stres, dan aktivitas apa pun yang dapat merusak kekebalan seseorang tidak disarankan. Sadar dan istirahatlah sebelum hari vaksinasi tiba.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top