Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Keunggulan IP Cam Dibandingkan CCTV Analog

IP Cam lebih cocok digunakan untuk mengawasi rumah, kantor, gudang atau tempat tempat lain secara smart.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 19 Januari 2021  |  17:50 WIB
IP cam lebih banyak digunakan di gedung perkantoran, dibandingkan CCTV analog. - ilustrasi
IP cam lebih banyak digunakan di gedung perkantoran, dibandingkan CCTV analog. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam beberapa tahun terakhir, kebutuhan akan kamera pengawas terbilang cukup penting. Tidak hanya untuk gedung perkantoran tetapi juga di kawasan perumahan pun banyak yang mulai memanfaatkan kamera pengawas ini.

Umumnya, masyarakat lebih mengenal kamera pengawas dengan CCTV atau Closed-Circuit Television. Namun, sebetulnya saat ini ada kamera pengawas lain yang juga mulai banyak digunakan yaitu IP Cam (Internet Protocol Camera) atau Smart Cam atau WiFi Cam.

Keduanya memang sama-sama kamera pengawas tetapi merupakan dua hal yang berbeda. CCTV mengandalkan sinyal analog sedangkan IP Cam seperti Imou lebih mengandalkan koneksi internet sehingga keduanya memiliki tingkat ketajaman, analisa video hingga efisiennya yang berbeda.

Dari segi kualitas gambar, memang IP Camera jauh berkualitas dibandingkan dengan CCTV analog biasa. Bahkan bisa dikatakan bahwa kualitas gambar terbaik CCTV pun masih kalah dari kualitas IP Camera yang paling rendah.

Begitu pula dari segi analisa video,  tidak seperti CCTV yang hanya menyimpan hasil rekaman selama beberapa saat saja, IP Camera mampu menyimpan hasil rekaman lebih lama sehingga proses analisa video lebih mudah dilakukan.

Kemudian, dari sisi efisiensi, IP Camera jauh lebih efisien dibanding CCTV analog. Anda akan menemukan banyak sekali perangkat keras dan kabel jika memilih menggunakan CCTV analog. Belum lagi konfigurasi yang sulit antara DVR dengan setiap kamera yang terhubung, sekaligus dengan monitornya.

Berbeda dengan IP Camera, yang hanya perlu menyetel switch yang nantinya akan langsung ditransfer ke Network Video Recorder. Dengan begitu, IP Camera menjadi lebih simpel dan ringkas.

Keunggulan yang dimiliki IP Cam ini membuatnya lebih cocok digunakan untuk mengawasi rumah, kantor, gudang atau tempat tempat lain secara smart. Apalagi dewasa ini banyak perumahan yang dibangun dengan konsep smart home yang terkoneksi dengan internet dan teknologi mutakhir.

“Yang jelas IP Cam Imou ini punya field of view lebih luas, zoom lebih besar, dan audio sudah full duplex, ini tidak akan ditemukan di CCTV. Jadi ini cocok untuk keluarga yang memilki rumah dan mau memasang kamera pengawas yang smart di rumah. Fleksibilitasnya antara lain bisa dikoneksi melalui berbagai  device,” ujas Ms Siti Li, Regional Head of Imou South Pacific, dalam keterangannya, Selasa (19/1/2021).

Selain itu, sistem Imou juga mudah diatur dan dihubungkan dengan SmartHome. Sistem Imou juga menawarkan keandalan dan fitur yang profesional serta menyediakan keamanan sepanjang waktu.

Siti menambahkan bahwa Imou Cloud juga menggunakan enkripsi tingkat tinggi untuk melindungi privasi sehingga tidak ada orang lain yang dapat melihat data pribadi Anda.

Video pada IP Imou akan disimpan di cloud sehingga semua video dapat dienkripsi dengan kata sandi yang disesuaikan guna memberikan lapisan keamanan ekstra. “Gunakan Echo Show atau Google Home untuk mengontrol kamera Imou yang mendukung Wi-Fi, cukup minta perangkat Anda untuk menampilkan kamera halaman belakang, kamera pintu depan, atau di mana pun Anda memasang kamera Imou,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kamera perkantoran cctv
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top