Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabar Baik, Pemerintah Rancang Aturan Program Vaksinasi Virus Corona Mandiri

Untuk mempercepat program vaksinasi virus corona (Covid-19) maka pemerintah mempersiapkan regulasi bagi perusahaan yang ingin vaksinasi mandiri.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Januari 2021  |  14:23 WIB
Tenaga kesehatan di RSCM menjalani vaksinasi Covid-19, Kamis (14/1/2021). - Dok. Kementerian Kesehatan
Tenaga kesehatan di RSCM menjalani vaksinasi Covid-19, Kamis (14/1/2021). - Dok. Kementerian Kesehatan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa pemerintah tengah menyiapkan regulasi terkait vaksinasi virus corona (Covid-19) secara mandiri.

Regulasi akan menentukan aturan main vaksinasi virus corona (Covid-19), mulai dari sektor-sektor industri atau perusahaan yang boleh melakukan vaksinasi mandiri terhadap karyawan hingga teknisnya. Airlangga menuturkan aturan tersebut akan mengatur hal-hal teknis lainnya seperti sumber vaksin.

"(Vaksinasi) itu akan diberikan kepada karyawan secara gratis juga. Beberapa hal yang berkaitan dengan teknis akan dipersiapkan, juga dan dimintakan sumber daripada vaksinnya berbeda dengan yang gratis," ujarnya saat telekonferensi pers dari Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara mandiri ini untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat Indonesia. Dia mengatakan sumber vaksin untuk program mandiri akan berbeda dengan program vaksinasi gratis sebelumnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memberi sinyalemen mengenai kemungkinan dilaksanakannya vaksinasi Covid-19 secara mandiri.

"Banyak dari perusahaan, para pengusaha bertanya terkait rencana vaksinasi mandiri. Ini yang baru kita akan putuskan. Karena apa? Kita perlu mempercepat, perlu sebanyak-banyaknya, apalagi biaya ditanggung oleh perusahaan sendiri, kenapa tidak?" kata Presiden melalui telekonferensi video.

Presiden Jokowi juga mengemukakan bahwa mekanisme vaksinasi virus corona (Covid-19) secara mandiri harus dipersiapkan dengan baik. "Program vaksinasi harus dikelola dengan baik, mungkin bisa diberikan asal merek vaksinnya berbeda, untuk tempat vaksin juga berbeda bisa dilakukan," katanya.

Kini pemerintah Indonesia berencana melakukan vaksinasi bagi 181,5 juta penduduk. Pemberian vaksinasi ini bertujuan untuk meningkatkan  kekebalan komunal (herd immunity) terhadap virus corona (Covid-19).

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber : Antara

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top