Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Awas, Rumah Lembab Bisa Ganggu Sistem Kekebalan Tubuh

Daya tahan tubuh bisa dijaga dengan memperhatikan sirkulasi udara di rumah dan menambah masuknya cahaya matahari untuk mencegah tumbuhnya jamur.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  08:09 WIB
Rumah yang lembap bisa menyebabkan penghuni rumah sering sakit - Boldsky.com
Rumah yang lembap bisa menyebabkan penghuni rumah sering sakit - Boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sirkulasi udara yang kurang baik dan paparan sinar matahari yang sangat terbatas di rumah bisa menyebabkan lembab dan berpotensi menjadi tempat berkembang biak jamur.

Bila rumah yang dihuni menjadi lembap, maka jamur akan tumbuh. Baru-baru ini, tim peneliti menemukan ada beberapa jenis jamur yang merusak daya tahan tubuh.

Tim peneliti yang dipimpin Oliver Werz dari Universitas Friedrich Schiller, Jerman, menyatakan jamur bernama Aspergillus fumigatus umumnya hidup di dalam area rumah yang lembap. Jamur ini berbahaya, terutama bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah. Jamur Aspergillus fumigatus umumnya bercokol pada noda gelap di dinding lembap atau sebagai spora kecil mikroskopis di udara yang melekat pada dinding, kasur, dan lantai.

Gejala ini normal dan merupakan tanda bahwa tubuh sedang membangun kekebalan. Biasanya dibutuhkan beberapa minggu bagi tubuh untuk membangun kekebalan setelah vaksinasi.

Menurut FDA, ada kemungkinan seseorang terinfeksi virus corona yang menyebabkan sebelum atau setelah vaksinasi dan jatuh sakit. Ini karena vaksin tidak memiliki cukup waktu untuk memberikan perlindungan.

Jika tubuh Anda mengembangkan respons imun, yang merupakan tujuan vaksinasi, ada kemungkinan Anda dapat dites positif pada beberapa tes antibodi.

Tes antibodi menunjukkan Anda pernah mengalami infeksi sebelumnya dan bahwa Anda mungkin memiliki tingkat perlindungan tertentu terhadap virus. Para ahli saat ini sedang melihat bagaimana vaksinasi Covid-19 dapat memengaruhi hasil pengujian antibodi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah Imunitas tubuh

Sumber : Tempo.co

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top