Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berapa Kali Harus Tes Swab PCR untuk Dinyatakan Negatif atau Positif Covid-19?

Menurutnya, untuk menyatakan negatif Covid, dipersyaratkan pemeriksaan PCR 2 kali dengan hasil negatif dua kali berturut-turut berjarak 24 jam. Mengapa 24 jam? Agar menggambarkan benar ada tidaknya virus di tempat pengambilan sampel.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  07:55 WIB
Pemeriksaan tes swab di Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Selasa (9/6/2029).  - Antara
Pemeriksaan tes swab di Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Selasa (9/6/2029). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Epidemiolog UNS Tonang Dwi Ardyanto menyatakan ada ketentuan berapa kali pelaksanaan tes swab PCR dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang positif atau sudah negatif covid-19.

Menurutnya, untuk menyatakan negatif Covid, dipersyaratkan pemeriksaan PCR 2 kali dengan hasil negatif dua kali berturut-turut berjarak 24 jam. Mengapa 24 jam? Agar menggambarkan benar ada tidaknya virus di tempat pengambilan sampel.

Sedangkan untuk menyatakan positif, maka dengan satu kali hasil pemeriksaan positif, sudah cukup.

"Sekarang muncul tren, begitu ketahuan tes antigen positif, langsung minta PCR saat itu juga. Apa hasilnya? Sebagian positif. Tapi sebagian negatif. Begitu PCR negatif, langsung protes, lab nya keliru. Bila perlu diviralkan di media sosial," ujarnya dikutip dari akun facebooknya.

Dia menegaskan, untuk hasil negatif itu butuh 2 kali pemeriksaan. Sedangkan hasil positif, cukup satu kali hasil positif.

Kedua, jarak antar swab itu sebaiknya minimal 24 jam. Kecuali dalam keadaan terpaksa. Misalnya pagi diambil, sore meninggal, maka agar dapat dipastikan statusnya, segera diambil swab lagi. Itu contoh kondisi terpaksa.

Lantas bagaiman jika hasil tes antigen positif? Menurutnya, jika untuk tujuan perjalanan, sebaiknya ikuti aturan Kemenhub.

Sedangkan untuk tujuan mengetahui kondisi badan yang sebenarnya, sebaliknya lanjutkan karantina, dan ulangi lagi tes antigen 1-2 hari kemudian. Atau dikonfirmasi menggunakan PCR: 1-2 hari setelah tes antigen pertama.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona swab test
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top