Angka pada timbangan badan jadi indikator bagi seseorang menentukan obesitas. /Istimewa
Health

Gawat! Obesitas Diduga Picu Kematian Akibat Covid-19

Fatkhul Maskur
Jumat, 5 Maret 2021 - 13:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Studi global menunjukkan tingkat kematian akibat Covid-19 di negara-negara yang setidaknya terdapat 50 persen orang dewasa mengalami kelebihan berat badan itu ternyata 10 kali lebih tinggi.

Studi Johns Hopkins University di Amerika Serikat yang menganalisis data angka kematian Covid-19, serta data Observatorium Kesehatan Global Organisasi Kesehatan Dunia menemukan 90 persen atau 2,2 juta dari 2,5 juta kematian akibat penyakit pandemi sejauh ini terjadi di negara-negara dengan tingkat obesitas tinggi.

"Lihat negara-negara seperti Jepang dan Korea Selatan, yang tingkat kematian Covid-19 sangat rendah serta tingkat obesitas orang dewasa yang sangat rendah," kata Tim Lobstein, penasihat ahli Federasi Obesitas Dunia dan profesor di Australia's Sydney University yang ikut memimpin studi seperti dikutip Antara dari Reuters, Jumat (5/3/2021).

Menurut Tim, negara-negara ini memprioritaskan kesehatan masyarakat termasuk berat tubuh populasi penduduk. Sebaliknya, studi menemukan negara seperti Amerika Serikat dan Inggris, dengan tingkat kematian karena Covid-19 dan obesitas pada kategori yang termasuk tertinggi.

Semenyara itu, Inggris tercatat sebagai negara dengan tingkat kematian akibat virus korona tertinggi ketiga di dunia dan tingkat obesitas tertinggi keempat yakni 184 kematian akibat Covid-19 per 100.000 dan 63,7 persen orang dewasa kelebihan berat badan, menurut data WHO.

Profesor kedokteran di Britain's University of Liverpool, John Wilding mengatakan obesitas harus diakui sebagai risiko kesehatan utama Covid-19 dan diperhitungkan dalam rencana vaksinasi.

"Sangat penting bagi kami untuk menyadari bahwa obesitas meningkatkan risiko [kematian akibat Covid-19]. Oleh karena itu, seperti penyakit lain, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular, penderita obesitas harus dipertimbangkan sebagai prioritas awal dalam program vaksinasi di seluruh dunia," demikian kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro