Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau Vaksinasi tahap II yang dilaksanakan di RST Wiratamtama dan RSUD Tugurejo Semarang, Rabu (3/3/2021)./Istimewa-Dok Pemprov Jateng
Health

Obat Antiplatelet dan Statin Bahaya, Cuma Hoax?

Janlika Putri Indah Sari
Jumat, 5 Maret 2021 - 15:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Vaksinasi yang sedang dilakukan untuk menghentikan penyebaran Covid-19 memicu sentimen dari beberapa masyarakat. Salah satunya kabar untuk tidak mengonsumsi kelompok obat antiplatelet atau obat clopidogrel dan statin. Obat tersebut disinyalir dapat mengganggu efektivitas vaksin.

Namun hingga kini pernyataan itu tidak berdasar, ya, karena belum ada bukti ilmiahnya.

R.A. Adaninggar, dokter spesialis penyakit dalam, menjelasakan bahwa imbauan untuk menghentikan pengunaan obat tersebut bukan karena kontra indikasi pada vaksin, namun untuk mengurangi risiko pendarahan.

“Pengaruh statin pernah diteliti pada vaksinasi influenza lansia, hasilnya mempengaruhi imun pada vaksin. Namun belum bisa disimpulkan pasti sebab akibatnya karena sebenarnya interaksi antara statin, sistem imun, dan penyakit sangatlah kompleks. Saat ini belum ada penelitian statin pada vaksinasi Covid,” tulisanya di instagram miliknya @ningzsppd.

Antiplatelet dan statin merupakan jenis obat pengencer darah yang biasa digunakan oleh penderita stroke dan penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner. Obat ini digunakan untuk mencegah penggumpalan darah apabila penyempitan pembuluh darah di tungkai.

Dokter muda itu mengimbau selama belum ada bukti ilmiahnya, obat tetap diminum atau tidak dengan mempertimbangkan manfaat dan risikonya.

“Kalau risiko setop obat jauh lebih besar misalnya bisa berbahaya dari segi penyakit jantung atau kolesterolnya maka obat tidak perlu disetop. Boleh konsultasi ke dokter yang memberikan obat tersebut,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro