Petugas Kelurahan Lenteng Agung mengecek kondisi indekos di RW 08 yang dijadikan tempat isolasi mandiri bagi pasien OTG dari kalangan masyarakat kurang mampu, Kamis (4/2/2021)./Antararn
Health

5 Tips Isolasi Mandiri di Rumah Berukuran Sempit

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 8 Maret 2021 - 14:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Isolasi mandiri merupakan salah satu pilihan tindakan mencegah penularan apabila seseorang terkena Covid-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan.

Optimalnya, isolasi mandiri dilakukan pada ruang terpisah bagi pasien Covid-19 di rumah.

Hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Karena tidak semua keluarga memiliki ruang lebih di rumahnya, terutama yang memiliki ukuran tempat tinggal kecil.

Jadi bagaimana caranya isolasi mandiri bila kita memiliki tempat tinggal yang berukuran kecil?
Melansir dari postingan dr. Adam (@adamprabata) isolasi mandiri masih bisa dilakukan di rumah berukuran kecil dan beriringan dengan anggota keluarga lainnya bila mengikuti protokol yang tepat.

Berikut cara untuk melakukan isolasi mandiri di rumah berukuran kecil menurut dr. Adam Prabata PhD Candidate in Medical Science at Kobe University dikutip dari akun instagramnya :

1. Lokasi

Tempatkan pasien di ruang sendiri dengan ventilasi baik. Bila tidak ada ruang sendiri, posisikan pasien di area dimana anggota keluarga lain bisa menjaga jarak minimal 1 meter dengan pasien.

2. Tempat Tidur Pasien

Pasien tidur di ruangan sendiri.Bila tidak ada ruangan sendiri, pasien tidur di tempat tidur berbeda, dengan jarak minimal meter dari anggota 1 keluarga lain.

3.Kamar Mandi dan Toilet Pasien

Pasien menggunakan kamar mandi dan toilet sendiri. Bila tidak memungkinkan, pasien harus membersihkan dan desinfeksi permukaan kamar mandi dan toilet setiap selesai menggunakan.

Bila kondisi pasien tidak memungkinkan membersihkan sendiri, salah satu anggota keluarga harus membersihkan dan desinfeksi kamar mandi dan toilet sebelum digunakan kembali.

4. Makan dan Minum

Pasien makan dan minum di ruangan sendiri.Bila tidak ada ruang sendiri, pasien makan dan minum dengan tetap menjaga jarak minimal 1 meter dari keluarga lain.

Jangan gunakan alat makan yang sama dengan pasien. Kemudian cuci alat makan yang digunakan pasien dengan sabun dan air hangat. Gunakanlah sarung tangan saat sedang mencucinya.

5. Cuci Baju Pasien

Cuci menggunakan sabun cuci dan air atau mesin cuci juga deterjen dengan air hangat bersuhu 60-90 C. 

Tempatkan pakaian pasien pada kantung khusus dan jangan digoyang-goyang. Gunakan sarung tangan saat sedang mencuci pakaian. Cucian pakaian pasien Covid 19 dapat dicuci bersamaan dengan pakaian anggota keluarga lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro