Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Susah Dideteksi, Ini Cara Kenali Gejala TBC Pada Anak

Dokter Spesialis Anak dr. Cynthia Centauri mengatakan pada anak yang menderita TB jarang sekali yang mengalami batuk.rn 
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 10 Maret 2021  |  20:26 WIB
Foto rontgen sinar-X menunjukkan paru-paru yang terinfeksi tuberkulosis. - Reuters/Luke MacGregor
Foto rontgen sinar-X menunjukkan paru-paru yang terinfeksi tuberkulosis. - Reuters/Luke MacGregor

Bisnis.com, JAKARTA - Mend pada Anak lebih sulit dibandingkan pada orang dewasa. Tidak seperti pada TB dewasa yang permasalahannya kebanyakan ada pada saluran pernafasan. 

Dokter Spesialis Anak dr. Cynthia Centauri mengatakan pada anak yang menderita TB jarang sekali yang mengalami batuk.
 
"Gejala yang sering terjadi yaitu pada berat badan anak yang tak kunjung naik dan demam terus menerus," ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu (10/3/2021).

Lebih lanjut dia menerangkan terdapat empat prinsip pengobatan TBC pada anak. Pertama pengobatan harus sampai tuntas atau sembuh, serta rutin kontrol ke dokter. "Penetapan penghentian pengobatan ini harus diputuskan oleh dokter dan tidak boleh hanya dikira-kira oleh keluarga pasien," sebutnya.

Kedua mencegah penularan lebih lanjut. Ketiga, memenuhi gizi yang adekuat sesuai kebutuhan pasien dan menjalani pola hidup bersih dan sehat. Keempat, cari dan tatalaksana penyakit penyerta.
 
Sementara itu, Dokter Spesialis Paru dr. RR. Diah Handayani menjelaskan beberapa terapi pencegahan TBC meliputi Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), skrining, active case finding, terapi pencegahan tuberkulosis (TPT), pencegahan serta terapi HIV dan komorbid lain.

Kemudian akses ke layanan kesehatan dan dukungan sosial serta pengentasan kemiskinan. Upaya eliminisai TBC ini dilakukan mulai dari pencegahan TB laten dan infeksi TBC sebelum sakit.
 
“Upaya penanganan ini bisa kita contoh dan pelajari dari upaya penanganan Covid-19, dimana pelacakan kontak, identifikasi terapi, serta pencegahan dilakukan dengan agresif oleh banyak pihak. Sehingga, upaya pencegahan TB juga harus radikal," tuturnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak tuberkulosis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top