Ilustrasi work from home/istimewa
Relationship

8 Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Bekerja dari Rumah

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 15 Maret 2021 - 14:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Selama pandemi bekerja dari rumah menjadi tantangan bagi banyak orang.

Sebagian besar pekerjaan saat ini dilakukan dari rumah. Aktivitas antara kehidupan profesional dan pribadi bisa menjadi tercampur.

Oleh karena itu, tidak mengherankan dibutuhkan banyak berjuang untuk mengalihkan pikiran ke mode kerja pada saat berada di rumah.

Melansir dari ELLE.uk, berikut adalah cara yang sangat sederhana untuk membantu menciptakan ruang kerja yang sehat bagi mental saat bekerja dari rumah :

1. Ganti Pakaian

Meskipun sedang berada di rumah, kenakanlah pakaian tampilan kerja atau seragam kerja Anda. Hal ini akan membantu memberikan sinyal pada tubuh bila sudah jam memulai bekerja.
Kemudian pada saat jam kerja sudah berakhir, gantilah pakaian dengan tampilan rumahan.

Hal itu guna memberi tahu otak Anda bahwa sudah waktunya untuk berhenti, waktu bekerja sudah selesai.

Secara psikologis, hal ini akan mempersiapkan Anda untuk melakukan pekerjaan yang teratur setiap hari.

2. Bila Memungkinkan, Tinggalkan Ruang Kerja Sementara

Meskipun bekerja dari rumah, bekerja dari tempat yang sama akan membuat jenuh dan memicu stres. Cobalah menjauhkan diri dari tempat meja pekerjaan Anda sementara, misalnya ke balkon atau ke bagian ruangan rumah lain. Meski sederhana, ini membantu mengistirahatkan tubuh dan otak dari pekerjaan.

3. Matikan Pemberitahuan Ponsel

Ini mungkin bukan pilihan tepat untuk semua orang. Tetapi akan sangat membantu untuk benar-benar membiarkan pikiran Anda istirahat pada waktu libur atau jam kerja usai.
Menjauh dari ponsel tidak hanya membuat mata berhenti menggunakan layar sepanjang hari, tetapi juga menciptakan ruang yang sehat antara waktu kerja dan waktu untuk pribadi.

4. Nyalakan Lilin Aromaterapi

Wewangian dipercaya membuat sensasi nyaman dan membangkitkan kemampuan otak saat bekerja.

Selain itu, akan menenangkan setelah Anda selesai bekerja untuk membantu mengingatkan otak saatnya untuk bersantai.

2.Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga membantu mengalihkan pikiran dari sumber kecemasan. Lakukanlah gerakan ringan yang bisa dilakukan dari rumah untuk mengurangi ketegangan otot yang berkontribusi pada perasaan stres fisik.Yoga dan kardio khususnya, akan memicu hormon serotonin yang berguna sebagai anti kecemasan.

6. Baca Buku

Meskipun menonton film terbaik dari Netflix, Stan, Foxtel, dan Amazon Prime benar-benar menggoda. Namun aktifitas membaca buku dapat dikatakan lebih bagus bagi kesehatan mental.

Membaca membutuhkan upaya sadar untuk membalik halaman, mainkan logika dari kata-kata pada sumber bacaan, dan membayangkan visualisasi dari cerita. Hal ini akan menyeret pikiran Anda menjauh dari kenyataan, terutama dari pekerjaan.

7. Hubungi Teman

Saat jam kerja telah berakhir hubungilah teman untuk berbincang santai, terutama perbincangan di luar pekerjaan. Gunakanlah telfon atau video call untuk menghubungi teman, hal ini akan menjaga hubungan dengan kehidupan pribadi Anda.

8. Ritual Perawatan Diri

Selama bekerja di rumah, rutinitas pribadi dan profesional menjadi hampir tidak ada batasnya. Namun, merawat diri tak boleh sampai terlewatkan.
Lakukakanlah sedikit ritual perawatan diri seperti mandi busa, pijatan ringan Pilates, atau bahkan memasak resep yang ingin Anda coba untuk makan malam. Hal ini akan membantu melepas lelah dan suntuk saat bekerja dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro