Kelenjar limpa/wikihow
Health

Kenali 5 Efek Samping yang Jarang Dialami Setelah Suntik Vaksin

Laurensia Felise
Rabu, 17 Maret 2021 - 08:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pada umumnya, masyarakat yang telah menerima vaksin mengalami beberapa efek samping setelah mendapatkannya.

Umumnya mereka mengalami demam, sakit kepala, rasa sakit pada bagian yang disuntik, menggigil, dan lain-lain.

Akan tetapi seiring dengan mulai banyaknya orang yang menerima vaksin, gejala efek samping setelahnya juga semakin bervariasi. Melansir dari Times of India, berikut beberapa efek samping yang jarang dialami bahkan terkesan baru setelah menerima vaksin.

1. Pembengkakan Bibir

Dalam situasi tertentu, beberapa orang yang menerima vaksin jenis Moderna mengalami pembengkakan bibir bahkan melepuh. Meskipun muncul teori bahwa hal tersebut terjadi karena adanya reaksi alergi terhadap vaksin bagi mereka yang pernah menggunakan lip filler, tetapi efek ini sangat jarang terjadi.

Beberapa orang yang mengalami efek ini mengatakan bahwa mereka merasakan kulit yang melepuh dan tidak nyaman yang disertai dengan bagian mulut yang kering. Efek samping ini diketahui merupakan reaksi yang tidak berbahaya dan merupakan bentuk dari reaksi setelah suntikan yang lambat.

2. Luka pada lengan

Efek samping ini memunculkan luka berwarna merah pada bagian yang disuntikkan yang bersamaan dengan rasa sakit dan rasa kaku berkepanjangan. Tidak hanya itu, mereka yang mengalami ini bercerita bahwa mereka merasa sakit pada luka tersebut, terutama ketika disentuh, serta mengalami rasa gatal.

3. Kelenjar Getah Bening yang Membesar

Membesarnya kelenjar getah bening merupakan salah satu efek samping yang jarang dialami oleh masyarakat yang telah disuntik vaksin. Meski ini tidak berbahaya, tetapi efek ini menimbulkan kekhawatiran mengingat hal ini mirip dengan gejala kanker secara umum serta bisa disalahartikan sebagai kanker.

4. Penggumpalan Darah

Beberapa waktu belakangan, efek samping ini viral setelah muncul berbagai laporan bahwa terjadinya penggumpalan pembuluh darah bagi mereka yang disuntik vaksin AstraZeneca. Kasus ini terungkap setelah beberapa tenaga kesehatan dilaporkan mengalaminya.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apakah adanya keterkaitan antara penerimaan vaksin tersebut dengan penggumpalan darah tetapi para dokter yakin bahwa efek samping ini bisa terjadi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

Dalam beberapa kejadian, penggumpalan darah dapat menyebabkan kulit melepuh, kulit ruam, dan memar.

5. Pandangan Kabur

Pandangan mata yang kabur merupakan salah satu efek samping yang dapat terjadi setelah menerima vaksin, di mana efek ini bisa terjadi selama beberapa hari dengan menyebabkan pandangan yang kabur.
Meski efek ini tidak biasa dan cukup mengkhawatirkan, tapi para ahli percaya bahwa masalah penglihatan bisa juga dialami bagi mereka yang menerima vaksin lain seperti vaksin flu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro