Vaksin Moderna
Health

Moderna Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19 pada Bayi dan Anak Kecil

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 17 Maret 2021 - 08:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Moderna telah mulai menguji vaksin COVID-19 pada anak-anak berusia 6 bulan hingga 11 tahun.

Uji coba tersebut melibatkan anak-anak sehat di AS dan Kanada dan akan dilakukan dalam dua bagian, menurut pernyataan dari perusahaan dilansir dari Livescience.

Pada tahap pertama, perusahaan akan menguji bagaimana para peserta menanggapi berbagai tingkat dosis vaksin. Anak-anak yang berusia di atas 2 tahun dapat menerima 50 atau 100 mikrogram vaksin per dosis, sedangkan anak-anak di bawah 2 tahun dapat menerima 25, 50 atau 100 mikrogram.

Setiap anak akan menerima total dua dosis, dengan masing-masing dosis diberikan dengan jarak 28 hari, jarak yang sama dengan suntikan yang diberikan kepada orang dewasa.

Anak-anak pertama yang divaksinasi dalam setiap kelompok akan menerima dosis vaksin terendah, sehingga penyelenggara uji coba dapat mengawasi efek samping sebelum memberikan dosis yang lebih tinggi kepada anak-anak lain, lapor The New York Times.

Setelah tahap pertama, Moderna akan melakukan analisis sementara untuk menentukan tingkat dosis yang sesuai untuk setiap kelompok umur. Anak-anak yang terdaftar di tahap kedua uji coba akan menerima dosis yang dipilih melalui analisis ini atau suntikan garam plasebo, menurut ClinicalTrials.gov.

Para peserta uji coba akan dipantau selama setahun setelah suntikan mereka, untuk melacak efek samping, tingkat antibodi, dan kasus infeksi Covid-19.

Berdasarkan tingkat antibodi dan tingkat infeksi relatif antara kelompok yang divaksinasi dan kelompok plasebo, Moderna akan menghitung seberapa protektif suntikan tersebut untuk bayi dan anak kecil. Mereka akan menggunakan jumlah antibodi sebagai ukuran utama perlindungan, sambil juga memperhitungkan tingkat infeksi.

Vaksin Moderna, yang disebut mRNA-1273, tidak mengandung virus corona itu sendiri dan tidak dapat menyebabkan COVID-19. Alih-alih mengandung molekul yang disebut mRNA yang, begitu berada di dalam tubuh, memberi tahu sel untuk membangun bagian dari virus yang disebut protein lonjakan. Sistem kekebalan kemudian belajar mengenali lonjakan dan menargetkannya untuk dihancurkan.

"Kami didorong oleh analisis utama studi COVE Tahap 3 mRNA-1273 pada orang dewasa berusia 18 tahun ke atas," kata Stéphane Bancel, CEO Moderna, dalam pernyataan perusahaan.

"Studi pediatrik ini akan membantu kami menilai potensi keamanan dan imunogenisitas kandidat vaksin COVID-19 kami dalam populasi usia muda yang penting ini." Lanjut pernyataan mereka.

Moderna memperkirakan bahwa 6.750 peserta pada akhirnya akan terdaftar dalam uji coba, menurut situs rekrutmen uji coba.

Perusahaan saat ini sedang melakukan uji coba terhadap 3.000 anak berusia 12 hingga 17 tahun. Uji coba ini juga mencakup satu tahun tindak lanjut dan kemungkinan akan selesai pada Juni 2022, menurut ClinicalTrials.gov.

Vaksin berpotensi untuk penggunaan darurat pada anak-anak sebelum jangka waktu uji coba ini habis, tetapi tidak diketahui kapan atau apakah itu mungkin terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro