Petugas mengambil sampel lendir saat Tes PCR di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip Semarang, Rabu (22/4/2020). Foto: Istimewa
Health

Jangan Dulu Lega, Hasil Tes PCR Masih Bisa Berubah

Janlika Putri Indah Sari
Jumat, 19 Maret 2021 - 10:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seluruh atlit pebulu tangkis Indonesia dipastikan mudur dari di All England 2021. Mimpi buruk yang di alami oleh tim Indonesia disebabkan salah satu penumpang di pesawat yang mereka tumpangi dari Instanbul ke Birmingham positif Covid-19.

Kini tim Indonesia terpaksa gagal bertanding untuk menjalani isolasi di Crowne Plaza Birmingham City Centre.

Kenyataan itu pun banyak yang mengaitkan dengan 7 tim sebelumnya yang berhasil maju ke pertandingan karena hasil tesnya berubah dari positif menjadi negatif.

Indonesia sendiri sebelum telah menjalankan tes, semua tim hasilnya negatif. Karena bersentuhan langsung dengan penderita, maka harus terpaksa di karantina.

Menurut dr. Adam Prabata PhD (@adamprabata) PhD Candidate in Medical Science at Kobe University, hasil dari tes yang semula negatif berubah menjadi positif itu kemungkinaanya lebih tinggi.

"Kerena prinsipnya berdasarkan hasil PCR, hasil positif lebih di percaya dari hasil negatif ," katanya.

Adam menjelaskan kemungkinan positif salah itu 1 persen, sedangkan yang negatif salah kemungkinannya 2 sampai 28 persen.

Jika ada dua hasil yang berbeda maka yang di percaya adalah yang hasil positif. Keputusan tersebut diambil itu untuk keamanan.

"Hal tersebut karena kita tidak tau pasti jangan-jangan yang kita biarkan adalah orang yang berpotensi menularkan ke orang lain karena salah," tutup Adam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro