Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit beroperasi setiap hari kerja, Senin - Jumat (kecuali hari libur) dari jam 08.00 - 16.00 dengan jatah kuota 500 vaksin per hari.  /ANTARA
Health

RSUI Depok Gelar Vaksinasi Drive Thru, Begini Cara Daftarnya

Fatkhul Maskur
Selasa, 23 Maret 2021 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) menggelar program vaksinasi Covid-19 dengan sistem drive-thru di RSUI Kampus Depok selama 2 bulan, mulai 22 Maret hingga 21 Mei 2021.

Koordinator Lapangan Vaksinasi Drive-thru Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Sukihananto mengatakan metode layanan vaksinasi drive thru ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan proses vaksinasi.

"Jadi tinggal datang dan pasien ini tetap berada di mobil, tidak perlu turun dari kendaraannya," katanya seperti dikutip Antara, Selasa (23/3/2021).

Ia mengatakan mulai 22 Maret 2021, peserta vaksinasi adalah para lansia berusia minimal 60 tahun penduduk Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk.

Selain para lansia, para pendidik UI dan Politeknik Negeri Jakarta juga bisa mendapatkan layanan vaksinasi drive thru ini.

Sebelum datang ke RSUI, para peserta diwajibkan untuk melakukan registrasi secara daring di alamat xlaxiata.co.id/id/indonesiabangkit dengan mengisi data diri, dan jam kedatangan.

Peserta tidak bisa melakukan proses vaksinasi apabila belum mendaftar terlebih dahulu.

Ia menjelaskan ketika peserta sudah datang, maka proses awal yg dilakukan peserta adalah melakukan validasi data registrasi di meja 1. Pada meja 2, tenaga kesehatan akan melakukan skrining kondisi kesehatan peserta dengan menanyakan beberapa hal, melakukan pengukuran tekanan darah, serta suhu tubuh.

"Jika kesehatan peserta dinyatakan dalam kondisi baik, maka peserta dapat melakukan tahap vaksinasi di meja ketiga. Bila tidak, maka peserta akan disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu selama 15-30 menit di area tunggu," katanya.

Setelah itu para peserta akan diarahkan ke meja 4 untuk beristirahat dan diobservasi oleh tenaga kesehatan selama 30 menit dengan pengukuran kembali tekanan darah dan suhu, serta untuk mengetahui ada tidaknya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Jika aman, maka proses vaksin dianggap selesai. Total durasi proses vaksinasi adalah sekitar 1 jam.

Program yang diperuntukkan bagi pengguna kendaraan roda empat ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Depok, Protelindo, Tower Bersama Group, Alita, Benihbaik.com, dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI).

"Program vaksinasi ini merupakan jenis kerja sama pentahelix, yang mana RSUI sebagai penyelenggara, XL Axiata sebagai sponsor utama, Kementerian Kesehatan, dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat sebagai penyedia vaksin, dan program komunitas seperti benihbaik.com sebagai koordinator di lapangan," ujar Sukihananto.

Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit beroperasi setiap hari kerja, Senin - Jumat (kecuali hari libur) dari jam 08.00 - 16.00 dengan jatah kuota 500 vaksin per hari. Harapannya, pemberian vaksin untuk kelompok lansia ini mampu membantu merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penularan Covid-19, dan mengurangi dampak bagi para lansia jika tertular.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro