Tips puasa saat pandemi untuk meningkatkan imun
Health

Simak Cara Menjaga Imun Saat Berpuasa

Hanafi Nurmahdi
Senin, 29 Maret 2021 - 15:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga imun tubuh sangat penting selama berpuasa saat bulan Ramadan. Tahun ini, menjadi tahun kedua menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19.

Prioritas masyarakat saat ini adalah imun dan kesehatan diri agar terhindar dari infeksi virus corona (Covid-19). Segala upaya sudah dilakukan masyarakat demi tetap menjaga tubuh tetap bugar.

Sebagian orang menilai, puasa membuat daya tahan tubuh menjadi lemah karena tidak adanya asupan makanan dan cairan selama 13 jam lamanya. Imunitas tubuh yang lemah berarti jalan bagi virus corona memasuki tubuh.

Namun anggapan seperti itu tidak benar, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal National Library of Medicine pada 2018 menyebutkan bahwa puasa bisa menyebabkan terjadinya autophagy dalam tubuh. Yaitu regenerasi sel alami yang terjadi pada tubuh manusia.

Pendapat lain disampaikan oleh Amir Khan, seorang dokter di National Health Service (NHS). Menurutnya, tubuh akan mendaur ulang banyak sel kekebalan yang lama atau rusak sebagai upaya menghemat energi saat berpuasa. “Sel-sel ini lebih cepat dan efisien dalam tubuh memerangi infeksi sehingga kekebalan tubuh secara keseluruhan akan meningkat.”

Dengan menjaga pola makan, pastikan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dengan gizi yang seimbang agar tubuh tidak kekurangan nutrisi saat berpuasa. Kamu juga bisa melakukan diet keto saat berpuasa.

Diet ini dilakukan dengan menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan diganti dengan makanan tinggi lemak. Melansir Healtline.com pada 2018 silam, diet keto dapat mempercepat autophagy dalam tubuh saat puasa.

Dengan menerapkan diet keto, 75 persen sumber kalori tubuh akan didapatkan dari lemak. Hal ini juga mengubah metabolisme tubuh. Tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi dari pada menggunakan glukosa.

Selain diet keto, mengonsumsi sayuran dan buah yang memiliki khasiat besar dalam menjaga imunitas tubuh, seperti jeruk, paprika merah, brokoli, bawang putih, bayam, pepaya, dan kiwi.

Agar proses Autophagy maksimal, melakukan aktivitas olahraga secara ringan dan rutin selama Ramadhan. Latihan fisik dapat memicu proses autophagy pada sistem metabolisme tubuh. Dan juga menjaga pola tidur dengan teratur.

Menerapkan protokol Kesehatan tetap dilakukan demi menjaga penyebaran virus corona, sebisa mungkin lakukan semua kegiatan seperti berbelanja secara online untuk mengurangi interaksi secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro