Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tips Cara Bangun Pagi yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Bangun pagi bagi sebagian orangadalah hal yang sulit dilakukan, apalagi ketika suasana masih belum sepenuhnya terang. Tapi jangan khawatir, ini enam tips cara bangun pagi yang bisa Anda lakukan di rumah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Maret 2021  |  00:26 WIB
Ilustrasi - Istimewa
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bangun pagi bagi sebagian orangadalah hal yang sulit dilakukan, apalagi ketika suasana masih belum sepenuhnya terang. Selain itu di pagi hari udara cenderung lebih dingin, membuat sebagian orang enggan meninggalkan persinggahan tidur dan selimutnya.

Namun dengan bangun pagi, Anda dapat lebih tenang menjalani hari. Misalkan, dengan tidak perlu tergesa-gesa saat mempersipakan peralatan  yang perlu dibawa ke tempat kerja maupun sekolah.

Bangun pagi juga penting jika Anda tinggal di tengah perkotaan ramai penduduk, dengan bangun dan berangkat kerja lebih pagi Anda akan terhindar dari macet hingga bisa sampai di kantor tepat waktu. Dengan begitu secara tidak langsung Anda dapat menghindari emosi negatif, karena bisa jadi saat anda terjebak macet Anda jadi marah-marah tak jelas yang bisa membuat mood tidak baik.

Dilansir dari sleepadvisor.org terdapat beberapa tips cara bangun pagi yang bisa Anda praktekkan di rumah, yakni:

1. Lakukan Secara Perlahan

Ketika anda sudah meniatkan untuk rutin bangun pagi, tahap awal yang bisa dilakukan adalah dengan bangun 15-30 menit lebih awal di jam bangun biasanya. Lakukan terus menerus dan konsisten untuk mencapai jam bangun pagi yang anda idealkan.

2. Tidur Lebih Awal

Dengan tidur lebih awal membuat anda mendapat banyak waktu untuk menginstirahatkan tubuh. Selain mendapat manfaat kesehatan, tidur lebih awal dapat mendorong anda lebih cepat bangun di pagi hari tanpa perasaan kantuk. Anda bisa mencoba tidur lebih awal dengan membaca sesuatu yang membosankan agar lebih cepat mengantuk.

3. Stel Alarm

Stel alarm di tempat yang agak jauh dari tempat tidur Anda, dan jauh dari jangkauan tangan. Hal ini berguna saat alarm hidup, anda dapat bangkit dari tempat tidur untuk mematikannya.

4. Keluar dari Kamar Tidur

Setelah bangun dan mematikan alarm segeralah tinggalkan kamar tidur Anda untuk menghilangkan niat kembali tidur. Anda bisa segera menuju kamar mandi untuk mebasuh muka atau menuju dapur untuk membuat segelas kopi.

5. Miliki Alasan Untuk Bangun Pagi

Ketika anda ingin bangun pagi, harus menentukan tujuan apa yang mau anda lakukan sehingga harus bangun pagi. Semisal ingin berangkat kerja lebih pagi untuk menghindari macet, agar dapat waktu untuk sarapan atau agar dapat berolahraga sebelum berangkat kerja. Gunakan alasan-alasan itu untuk meneguhkan keinginan Anda rutin bangun pagi.

6. Tegas pada Janji Bangun Pagi

Saat memutuskan berniat rutin bangun pagi, tegaskan pada diri anda untuk tidak melanggar prinsip yang Anda buat. Berkomitmenlah, dukung usaha anda dengan membuat alarm, memaksa tubuh bangun meski masih malas. Di awal memang terasa sulit, tapi jika anda terus teguh pada komitmen, maka bangun pagi akan menjadi kebiasaan yang mudah dilakukan.

Nah itulah beberapa tips bangun pagi yang bisa Anda coba di rumah, semoga konsisten dan sukses program bangun paginya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan tidur

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top