Ilustrasi/Telegraph
Relationship

7 Fakta Soal Cinta yang Unik

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 2 April 2021 - 11:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu emosi terindah yang bisa kita alami adalah cinta.

Jatuh cinta membuat kita merasa istimewa, dihargai, cantik, dan unik - semuanya pada saat yang bersamaan.

Selain itu, cinta memiliki banyak wajah. Ia bisa menjadi indah, rumit, magnetis, energik dan terkadang, menyakitkan juga. Secara keseluruhan, ini adalah penggabungan dari banyak perasaan dan emosi.

Selain itu, ilmu di balik cinta sama menariknya dengan cinta itu sendiri. Ada begitu banyak fakta menarik dan sulit dipercaya tentang cinta sehingga Anda akan terkejut mengetahuinya.

Berikut 7 fakta cinta yang akan membuat hatimu tersenyum seperti dilansir Times of India :

1. Memeluk pasangan penghilang stres instan

Jika Anda merasa stres, peluk saja pasangan Anda dengan erat. Sebuah studi di University of North Carolina menemukan bahwa ketika pasangan berpelukan, kadar oksitosin mereka meningkat. Oksitosin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk menurunkan tingkat stres dan meningkatkan suasana hati.

2. Jatuh cinta setara dengan menggunakan narkoba!

Euforia yang dirasakan saat jatuh cinta mirip dengan perasaan yang dialami setelah menggunakan narkoba. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Sexual Medicine, kedua tindakan tersebut memicu pelepasan hormon bahagia seperti dopamin, oksitosin, dan adrenalin, yang membuat Anda merasa senang secara alami!

3. Detak jantung pasangan bisa sinkron

Saat Anda dan pasangan saling memandang, detak jantung Anda sinkron! Menurut penelitian yang dilakukan di University of California, pasangan yang duduk berhadapan selama tiga menit memiliki detak jantung yang hampir identik. Menurut para ilmuwan, ini terjadi karena hubungan yang kuat antara pasangan pada tingkat emosional dan fisik.

4. Cinta secara kimiawi membuat ketagihan

Menurut seorang antropolog biologi di Rutgers University, hormon yang dilepaskan otak Anda saat Anda sedang jatuh cinta sangat euforia. Mereka dapat membuat Anda kecanduan cinta, dan orang yang Anda cintai!

5. Pelukan itu bermanfaat untuk Anda dan pasangan Anda

Setiap kali Anda dan pasangan berpelukan, hal itu memicu pelepasan hormon kebahagiaan oksitosin untuk meningkatkan mood dan kesejahteraan Anda. Faktanya, oksitosin itu sering disebut sebagai "hormon pelukan", atau "hormon cinta".

6. Berada dalam suatu hubungan membentuk kepribadian Anda dalam cara yang positif

Menurut temuan studi yang diterbitkan dalam Journal of Personality, berada dalam suatu hubungan secara tidak langsung membuat pasangan romantis lebih optimis dan percaya diri, karena semua emosi dan pengalaman positif yang terkait dengan hubungan tersebut.

7. Hati yang bahagia adalah hati yang sehat

Berada dalam hubungan cinta memengaruhi hidup Anda baik secara emosional maupun fisik. Menurut analisis terhadap lebih dari 3,5 juta orang, individu yang menikah hingga usia 50 tahun memiliki kemungkinan 12 persen lebih kecil untuk mengalami penyakit pembuluh darah dibandingkan dengan pasangan mereka yang bercerai atau lajang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro