Pekerja memilih buah mangga di desa Kebulen, Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Selsa (11/7)./ANTARA-Dedhez Anggara
Health

Khasiat Buah Mangga bagi Kesehatan hingga Menunda Penuaan

Newswire
Senin, 5 April 2021 - 08:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Mangga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. Mangga sangat rendah lemak jenuh, kolesterol, dan natrium. Mangga merupakan sumber serat makanan dan vitamin B6 yang sangat baik, serta sumber vitamin A dan vitamin C.

Database Nutrisi Nasional United State Derpartment Agriculture mengatakan bahwa mangga kaya dengan mineral seperti kalium, magnesium, dan tembaga. Buah dengan daging berwarna oranye ini adalah salah satu sumber betakaroten, dan astragalin terbaik.

Inilah manfaat mangga untuk kesehatan:

  • Menurunkan Risiko Kanker

Mangga kaya akan betakaroten, pigmen yang bertanggung jawab atas warna kuning dan oranye pada buah. Betakaroten adalah antioksidan. Antioksidan dalam mangga telah terbukti melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel di tubuh Anda. Radikal bebas berpotensi menyebabkan kanker.

  • Menjaga Kesehatan jantung

Mangga juga bermanfaat untuk mendukung sistem kardiovaskular pada tubuh. Mangga juga merupakan sumber magnesium dan potasium yang bagus. Keduanya terhubung untuk bekerja menurunkan tekanan darah dan mengatur denyut nadi menjadi teratur. Selain itu, mangga adalah sumber senyawa yang dikenal sebagai mangiferin. Mangiferin disebut dapat mengurangi peradangan jantung.

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mangga dapat membantu dalam menjaga kestabilan sistem pencernaan. Buah ini menawarkan senyawa amilase dan serat makanan yang dapat membantu menghindari sembelit. Senyawa amilase dapat membantu melarutkan makanan lain di lambung dan memecah pati yang sulit dipecah. Sementara itu, serat pada mangga efektif untuk meredakan sembelit jika dibandingkan dengan suplemen serat sejenis.

  • Dapat Membantu Meningkatkan Berat Badan

Makan dan memadukan mangga ke dalam hidangan lain bisa menjadi satu cara termudah untuk meningkatkan berat badan. Dalam 165 gram daging buah mangga, terkandung sekitar 99 kalori. Mangga mengandung pati yang berubah menjadi gula dan dapat membantu dalam penambahan berat badan.

  • Baik bagi Penderita Anemia

Mangga kaya akan zat besi, sehingga membuatnya sangat bermanfaat bagi penderita anemia. Asupan mangga yang teratur dapat membantu mengurangi kemungkinan berkembangnya anemia. Kerjanya dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

  • Bermanfaat dalam Kehamilan

Mangga bisa bermanfaat bagi ibu hamil dengan adanya kandungan zat besi. Dokter sering meresepkan vitamin prenatal atau tablet zat besi selama kehamilan. Beberapa wanita cenderung tidak tertarik pada makanan selama masa kehamilan. Mangga dapat membantu membangkitkan nafsu makan para ibu hamil.

  • Dapat Mengurangi Jerawat

Mangga dianggap sebagai obat rumahan yang efektif dalam mengobati jerawat. Dengan mengoleskan ke kulit, pori-pori kulit yang tersumbat dapat terbuka. Begitu pori-pori terbuka, pembentukan jerawat akan berhenti. Membuka pori-pori kulit yang tersumbat merupakan cara paling efektif dalam menghilangkan jerawat. Buku Herbilogy Three Traditional Medicines for Acne merekomendasikan untuk mengonsumsi mangga dalam jumlah sedang bagi orang-orang dengan masalah jerawat.

  • Menunda Penuaan

Mangga mengandung vitamin A dan C dalam jumlah yang tinggi. Kedua vitamin ini dapat membantu memproduksi protein kolagen di dalam tubuh. Kolagen membantu melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat tubuh sehingga proses penuaan alami dapat dihambat. Oleh karena itu, mangga kadang disebut sebagai makanan antipenuaan.

  • Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Mangga memiliki banyak vitamin, misal, C, B6, dan folat. Kandungan ini merupakan nutrisi penting dalam menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Membantu membentuk suasana hati dan mengubah pola tidur. Dengan rajin mengonsumsi mangga, kesehatan otak dan fungsi saraf dapat menjadi efektif. Kandungan asam glutamin pada mangga juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat kita.

  • Membantu Dalam Perawatan Rambut

Mengonsumsi mangga secara teratur dapat membantu Anda merawat rambut yang kering. Kandungan vitamin A dapat membantu pertumbuhan kembali pada rambut. Selain itu, juga dapat membantu memberikan kilau alami pada rambut. Caranya, haluskan daging buah mangga. Saringlah dengan saringan berjaring halus, kemudian oleskan pada rambut Anda dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air sampai bersih.

Begitu banyak manfaat dari buah mangga untuk kesehatan. Baik dengan cara mengonsumsinya secara langsung, membuat jus, atupun sebagai masker wajah dan rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro