Ayam goreng/Istimewa
Health

7 Makanan dan Minuman yang Bisa Berbahaya Jika Dikonsumsi Usai Olahraga

Mia Chitra Dinisari
Senin, 5 April 2021 - 12:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Olahraga itu sendiri penting, tetapi begitu juga dengan apa yang Anda makan setelah berolahraga.

Anda menghabiskan energi tubuh Anda dengan aktivitas dan otot Anda terpengaruh selama berolahraga, jadi penting untuk memperbaiki dan mengisi kembali dengan makanan dalam satu jam.

Tapi ada beberapa makanan bisa lebih berbahaya ketika Anda konsumsi setelah olahraga.

Menurut Pelatih Kesehatan Gizi Integratif Amy Wright seperti dilansir dari Cosmopolitan, ada beberapa makanan yang berbahaya dikonsumsi setelah olahraga seperti berikut ini :

1. Minuman dan makanan manis

Hati-hati dengan minuman bubuk yang sarat gula, dan mengandung pemanis buatan yang mungkin mengandung bahan kimia, dan agen bulking.

2. Makanan energy bar

Hindari energy bar atau snack bar yang mengandung pemanis buatan (seperti aspartam), gula rafinasi, atau gula alami tingkat tinggi. Alternatifnya, gantilah dengan pisang atau buah beri dan segenggam kacang.

3. Makanan rendah karbohidrat

Meskipun protein dikenal sebagai nutrisi penting pasca-latihan, tapi karbohidrat adalah bagian penting dari pemulihan dan nutrisi pasca-olahraga. Alasannya, tubuh Anda memanfaatkan simpanan glikogennya selama berolahraga dan makan karbohidrat dalam makanan pasca-olahraga membantu memulihkannya.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa buah-buahan adalah sumber karbohidrat yang sangat baik. Karena itu, konsumsilah stroberi, pisang, blueberry, dan kiwi adalah beberapa favoritnya untuk mengisi bahan bakar pasca-olahraga.

Anda juga bisa memilih 'karbohidrat pintar' seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran, daripada karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, atau produk tepung.

4. Minuman olahraga

Anda mungkin berpikir Anda terlihat menarik, memegang minuman isotonik sambil berjalan dengan legging Anda, tetapi tidak selalu disarankan minuman olahraga setelah berolahraga setiap hari. Kecuali Anda seorang atlet profesional lari maraton, disarankan untuk menghindari minuman olahraga karena sering kali sangat tinggi gula, pemanis, atau bahan kimia.

5. Makanan asin

Hindari makanan asin olahan setelah berolahraga karena akan meningkatkan tekanan darah Anda denyut jantung yang sudah meningkat karena olahraga.

6. Makanan yang digoreng

Hindari makan gorengan, termasuk makanan cepat saji yang digoreng karena mengandung lemak trans yang berbahaya.

7. Kafein

Minuman berkafein seperti kopi dapat menjadi penambah energi yang bermanfaat sebelum berolahraga dan bahkan dapat meningkatkan kinerja.

Karena kafein dapat membuat tubuh dehidrasi, juga meningkatkan hormon stres kortisol tubuh kita. Olahraga penting untuk kesehatan, tetapi juga merupakan pemicu stres pada tubuh yang menyebabkan pelepasan kortisol. Meskipun penting untuk fungsi tubuh yang sehat, terlalu banyak kortisol dapat meningkatkan peradangan, masalah kardiovaskular, kekebalan dan ketidakseimbangan hormon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro