Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadapi Pandemi, Begini Strategi Oppo Ads Optimalkan Iklan Digital

Berdasarkan data dari Oppo Ads, DAU (Daily Active User) ponsel pintar OPPO meningkat antara 32 persen hingga 40 persen. Selain itu, durasi pemakaian ponsel (screen time) juga meningkat sekitar 20 persen dari biasanya.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 10 April 2021  |  18:50 WIB
Smartphone Oppo. Fokus utama pada 2020 adalah mengubah trajektori bisnis dan mencoba untuk melihat tantangan sebagai kesempatan dan peluang dalam menjalankan bisnis.  - Oppo
Smartphone Oppo. Fokus utama pada 2020 adalah mengubah trajektori bisnis dan mencoba untuk melihat tantangan sebagai kesempatan dan peluang dalam menjalankan bisnis. - Oppo

Bisnis.com, JAKATA - Pandemi Covid-19 yang terjadi selama setahun terakhir ini membuat banyak masyarakat yang melakukan berbagai aktivitas dari rumah. Saat di rumah, sebagian besar aktivitas dilakukan secara daring mulai dari bekerja, belajar, berbelanja, hingga beribadah.

Berdasarkan data dari Oppo Ads, DAU (Daily Active User) ponsel pintar OPPO meningkat antara 32 persen hingga 40 persen. Selain itu, durasi pemakaian ponsel (screen time) juga meningkat sekitar 20 persen dari biasanya.

Tingkat penggunaan aplikasi para pengguna ponsel pintar OPPO datang dari berbagai kategori seperti e-commerce yang meningkat hingga 30 persen dan kategori news & entertainment, seperti video pendek atau gaming yang meningkat 10 persen – 30 persen.

Selain itu, jumlah unduh aplikasi di OPPO App Market (platform atau toko aplikasi ekosistem cerdas cetusan OPPO yang menyediakan jajaran aplikasi) juga mengalami peningkatan signifikan 15 persen hingga 35 persen. Hal ini menandakan bahwa dampak pandemi dan WFH membuat kegiatan masyarakat sehari-hari pun banyak dihabiskan di dalam ruang digital.

Kondisi ini rupanya ikut mendongkrak layanan iklan digital. OPPO Indonesia melalui anak perusahaan bernama PT Digital Technology Indonesia atau DTI yang secara khusus berfokus pada layanan iklan digital dalam ekonsistem pasar aplikasi OPPO yang terpadu berhasil mencatat peningkatan kinerja keuangan hingga 120 persen pada 2020 secara year on year.

Salah satu strategi cerdas yang digencarkan adalah mengarahkan strategi pemasaran para klien (perusahaan, korporasi, dan/atau brand) untuk mengalokasikan dana pemasaran dari media perantara tradisional  ke media perantara digital sepanjang 2020. Semua prestasi ini dituai oleh PT DTI yang memiliki satu entitas yang sama dengan OPPO Ads.

Sebagai satu-satunya perusahaan penyedia OEM Ads di Indonesia untuk kanal periklanan inventaris OPPO, PT DTI telah bermitra dengan sekitar 108 merk terkemuka yang bergerak diberbagai sektor, seperti e-commerce, gaming, perbankan, otomotif, aplikasi hiburan, aplikasi O2O, telekomunikasi, FMCG, dan sebagainya.

Sherly Luo, VP Sales & Marketing PT DTI, mengatakan kesuksesannya di sepanjang 2020 merupakan manifestasi nyata atas pemahaman unggul akan perilaku OPPO smartphone user.

“Tersedianya paket strategi kampanye digital yang fleksibel namun tetap memenuhi target pemasaran dari klien kami pun menjadi kunci pokok kesuksesan kinerja bisnis kami sepanjang tahun 2020,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima Bisnis, Sabtu (10/4/2021)

Menurutnya, fokus utama dalam pada 2020 adalah dengan mengubah trajektori bisnis dan mencoba untuk melihat tantangan sebagai kesempatan dan peluang dalam menjalankan bisnis. Salah satu kunci pokok adalah pemahaman tingkah laku pengguna dan penyesuaian skala prioritas perusahaan guna berbaur dalam situasi tersebut.

“Hal ini menjadikan OPPO Ads mampu bertahan, bahkan berkembang lebih cepat di tahun 2020,” tambahnya.

Sementara itu, dalam menyesuaikan era baru di masa pandemi saat ini, OPPO Ads telah mantap menghadirkan strategi fleksibel yang terpapar dalam tiga pilar utama, yaitu Right Direction, Right Campaign Product, dan Right Campaign Packages


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iklan digital oppo
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top