Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 7 Pemicu Gangguan Tidur Insomnia, Makan Banyak di Malam Hari Salah Satunya

Insomnia kronis setidaknya ditandai dengan kesulitan tidur selama sebulan penuh atau lebih, sedang insomnia jangka pendek kerap ditandai dengan kesulitan tidur selama berhari-hari atau berminggu-minggu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 April 2021  |  06:02 WIB
Ilustrasi penderita insomnia - Istimewa
Ilustrasi penderita insomnia - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Insomnia adalah gangguan tidur umum yang membuat penderitanya sulit tidur, sulit tetap tidur, menyebabkan bangun terlalu pagi dan tidak dapat kembali tidur. Insomnia tidak hanya melemahkan tingkat energi dan suasana hati penderitanya, tapi dapat mempengaruhi kesehatan, kinerja dan kualitas hidup seseorang.

Insomnia kronis setidaknya ditandai dengan kesulitan tidur selama sebulan penuh atau lebih, sedang insomnia jangka pendek kerap ditandai dengan kesulitan tidur selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Dilansir oleh mayoclinic.org, terdapat beberapa hal yang menyebabkan seseorang insomnia, yakni:

1. Penggunaan Zat yang Berdampak Negatif pada Tidur

Zat yang dapat memberikan dampak negatif pada tidur Anda yakni konsumsi alkohol, nikotin, kafein serta obat-obatan lainnya.

2. Masalah Kesehatan

Orang yang mengalami masalah kesehatan akan lebih sulit tidur karena rasa sakit di tubuhnya, atau kondisi yang mengharuskannya berkali-kali ke kamar mandi di malam hari. Orang dengan penyakit nyeri kronis, sindrom kaki gelisah, penyakit jantung, dan paru-paru kerap mengalami insomnia.

3. Gangguan pada Kesehatan Mental

Stres, depresi dan kecemasan dapat menyebabkan insomnia dan hal ini akan memperburuk kondisi kesehatan mental mereka. Gangguan kesehatan mental seperti bipolar dan gangguan kecemasan juga menyebabkan insomnia.

4. Banyak Pikiran

Kekhawatiran tentang pekerjaan, sekolah, keuangan, kesehatan, keluarga dan hal lainnya dapat membuat pikiran seseorang terus aktif di malam hari, yang menyebabkan orang kesulitan tidur. Orang dengan trauma atau tekanan negatif juga kerap mengalami insomnia.

5. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Kebiasaan tidur yang buruk meliputi jadwal tidur tidak teratur, tidur siang terlalu lama, tidur di sore hari dan kebiasaan pola tidur tidak teratur lainnya.

6. Lingkungan Tidur yang Tidak Nyaman

Sebisa mungkin ciptakan tempat tidur yang nyaman dan hanya difungsikan untuk tidur saja, hindari makan atau menonton TV di tempat tidur, bermain komputer, video game, smartphone dan aktivitas lain yang dapat menganggu waktu Anda untuk tidur.l

7. Makan Terlalu Banyak di Malam Hari

Makan makanan berat atau terlalu banyak makan menjelang tidur hanya akan membuat fisik Anda merasa tidak nyaman ketika berbaring. Beberapa orang juga kerap merasakan mulas, asam naik ke kerongkongan, dan naiknya makanan dari perut ke kerongkongan yang menyebabkan situasi tidak nyaman untuk tidur.

Itulah beberapa penyebab insomnia yang dapat dikenali, namun disarankan segera menemui dokter apabila mengubah pola tidur tidak mengurangi insomnia sama sekali, kesulitan tidur berlangsung berbulan-bulan dan insomnia mempengaruhi kehidupan sehari-hari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

insomnia stress pola tidur

Sumber : Tempo

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top