Ilustrasi buah kelapa / istimewa
Health

5 Manfaat Air Kelapa, Cegah Batu Ginjal hingga Jantung

Hanafi Nurmahdi
Jumat, 16 April 2021 - 10:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menu air kelapa seperti es kelapa muda menjadi salah satu menu favorit saat berbuka puasa di bulan Ramadan.

Bukan cuma enak dan segar, air kelapa ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di Indonesia sendiri, pohon kelapa memiliki segudang manfaat dari ujung akar hingga ujung daunnya. Buahnya pun punya air yang sangat menyegarkan dan punya banyak khasiat.

Air kelapa merupakan minuman terbaik saat musim panas, karena mampu melawan teriknya panas matahari dan memberikan kesegaran yang tiada tanding.

Air kelapa juga mampu membantu mengembalikan energi yang hilang dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Air kelapa kaya akan kalium yang menjadikan minuman ini cocok untuk kesehatan. Berikut 5 alasan kita harus sering mengonsumsi air kelapa seperti dilansir Times of India:

1. Kaya Akan Nutrisi
Sari buah kelapa yang ada di bagian tengah mengandung 94% air dan sangat sedikit lemak. 250 ml air kelapa mengandung sekitar 9 gr karbohidrat, 3 gr serat, 2 gr protein, 10% RDI vitamin C, 15% RDI magnesium, 17% RDI Mangan, 17% RDI Kalium, 11% RDI natrium dan 6% kalsium RDI.

2. Mengandung Antioksidan
Ketika terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh, bisa menyebabkan stres yang dapat merusak sel-sel dan meningkatkan risiko penyakit lainnya. Penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang dapat mengubah radikal bebas sehingga tidak berbahaya lagi. Tidak hanya itu, konsumsi air kelapa juga menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar insulin.

3. Baik untuk Penderita Diabetes
Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi temuan tersebut. Perlu diketahui, air kelapa merupakan sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pradiabetes

4. Membantu Mencegah Batu Ginjal
Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat dan senyawa lainnya bergabung membentuk kristal dalam urin. Namun, beberapa orang lebih rentan mengembangkan batu ginjal daripada yang lain.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang memiliki batu ginjal, air kelapa mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal ini juga membantu mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Minum air kelapa bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, tikus yang mengonsumsi air kelapa mengalami penurunan kolesterol darah dan trigliserida. Mereka juga mengalami penurunan lemak hati yang signifikan.

Tidak seperti minuman lainnya, air kelapa bisa dinikmati kapanpun. Minum air kelapa di pagi hari adalah pilihan yang baik, karena air kelapa memiliki asam, yang meningkatkan kekebalan dan membantu memulai metabolisme tubuh untuk mendorong penurunan berat badan.

Untuk kelompok orang lainnya seperti wanita hamil, disarankan minum air kelapa untuk mencegah dehidrasi dan sembelit. Hal ini juga membantu dalam meredakan mual di pagi hari, mulas, yang umum terjadi selama kehamilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro