Ilustrasi/Gurl.com
Relationship

5 Cara Move On dan Sembuhkan Diri Sendiri Usai Patah Hati

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 23 April 2021 - 13:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Melepaskan masa lalu bisa menjadi pengalaman yang menyakitkan, yang membutuhkan kesabaran dan ketabahan. Ini adalah upaya sadar untuk melepaskan masa lalu sambil terus bergerak. Kita tidak bisa menahan diri, mengikatkan diri pada kesedihan di masa lalu dan merusak kemungkinan masa depan kita.

Kita semua pernah terluka atau mengalami patah hati yang parah atau mengalami semacam rasa sakit emosional. Hal penting untuk diingat adalah bahwa itu semua bersifat sementara dan hari-hari buruk tidak berlangsung selamanya. Hidup terbuat dari naik turun, tinggi dan rendah dan itu adalah konglomerasi dari semua hari baik dan buruk, itulah yang membuat hidup layak dijalani.

Berikut 5 cara Anda bisa melupakan masa lalu dan menyembuhkan diri sendiri dari konsekuensi masa lalu yang menyakitkan dilansir dari PinkVilla :

1. Berlatih hidup fokus

Belajar untuk hidup di masa sekarang dan hindari berpikir berlebihan. Hanya pikirkan hal-hal yang penting pada saat ini dan jangan khawatir tentang masa lalu atau masa depan. Semakin sedikit pikiran yang Anda bawa ke dalam pikiran Anda, semakin baik pikiran itu. Cobalah untuk kehilangan kendali atas hal-hal yang di luar kendali Anda dan miliki kebebasan untuk memilih kebahagiaan dan pikiran yang baik.

2. Bersikaplah lembut pada diri sendiri

Belajarlah bersikap lembut pada diri sendiri dan pilihlah untuk bersikap baik pada diri sendiri dan orang lain juga. Jangan mengkritik diri sendiri atau menganalisis situasi secara berlebihan. Bersikaplah baik dan penuh kasih dalam kata-kata dan tindakan Anda tidak hanya dengan orang lain tetapi juga dengan diri Anda sendiri.

3. Bersabarlah dengan waktu

Sadarilah bahwa butuh waktu untuk melangkah maju. Ini adalah proses lambat yang melibatkan Anda melalui semua jenis perasaan dan emosi. Ikuti arus dan bersabarlah dengan diri Anda sendiri. Jangan biarkan ini terikat waktu, pindah tidak terjadi dalam semalam. Butuh berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk sembuh total. Biarkan itu mengambil waktu sendiri.

4. Gunakan waktu ini untuk fokus pada diri sendiri

Ini adalah waktu terbaik untuk memanjakan diri dan memanjakan diri. Luangkan waktu untuk diri sendiri dan luangkan waktu ini untuk memanjakan diri dengan hobi tertentu atau memulai proyek gairah yang sudah lama ingin Anda lakukan. Lakukan hal-hal yang memberi Anda kegembiraan dan kenyamanan yang luar biasa dan mengutamakan kebutuhan Anda sendiri sebelum orang lain. Belajar untuk menjadi sedikit egois dan fokus pada kedamaian mental Anda sendiri.

5. Ekspresikan perasaan Anda

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan saat melanjutkan hidup adalah mengungkapkan perasaan Anda dan membiarkan diri Anda menjadi rentan. Jangan tertutup atau tertutup dengan perasaan Anda. Lebih sering membicarakannya, Anda bisa mencari terapi atau bantuan profesional juga jika diperlukan, tidak ada salahnya mencoba. Apa pun yang Anda lakukan, selaraskan dengan keputusan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro