Warga menerima vaksin Covid-19 di lokasi vaksinasi massal di Lumen Field Event Center di Seattle, Washington, Amerika Serikat, Sabtu (13/3/2021)./Antara/Reuters-Lindsey Wassonrn
Health

Vaksin Covid-19 Sebabkan Radang Jantung? Ini Kata CDC AS

Newswire
Rabu, 28 April 2021 - 08:30
Bagikan

Bisnis.com, NEW YORK - Departemen Pertahanan Amerika sedang menyelidiki 14 kasus radang jantung atau miokarditis pada penerima vaksin Covid-19.

Meski demikian, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan sejauh ini tidak menemukan adanya kaitan antara radang jantung dan vaksin Covid-19.

Hal itu disampaikan Direktur CDC Rochelle Walensky, Selasa (27/4/2021), terkait penyelidikan di Dephan AS tersebut.

"Kami tidak melihat adanya sebuah tanda dan kami sebenarnya secara sengaja telah mencari tanda tersebut pada 200 juta dosis lebih yang telah kami berikan," kata Walensky saat konferensi pers.

Menurutnya, CDC sedang berkomunikasi dengan Departemen Pertahanan AS (DOD) atas penyelidikan 14 kasus radang jantung atau miokarditis pada penerima vaksin melalui layanan kesehatan militer.

"Ini sebuah demografi yang berbeda dari yang biasanya kami lihat dan kami akan berkoordinasi dengan Departemen Pertahanan AS guna memahami apa yang terjadi pada 14 kasus tersebut," lanjutnya.

Program vaksinasi AS menyasar kaum lansia Amerika terlebih dahulu. Kekhawatiran soal miokarditis terjadi pada penerima vaksin yang lebih muda.

Sedikitnya 17,9 juta orang berusia 30 tahun ke bawah di AS telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19, berdasarkan data CDC.

Kementerian Kesehatan Israel pada Minggu mengatakan sedang mendalami segelintir kasus radang jantung pada penerima vaksin Covid-19 Pfizer, meski pihaknya belum menarik kesimpulan apa pun. Sebagian besar kasus di Israel dilaporkan pada mereka berusia hingga 30 tahun.

Pfizer mengaku belum mengamati tingkat kondisi yang lebih tinggi dari yang biasanya diperkirakan pada masyarakat umum.

Covid-19 telah dihubungkan dengan kasus miokarditis pada sejumlah pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro