Vaksin Covid-19. Ada dua mekanisme utama yang digunakan virus untuk melawan tumor. /Antara
Health

Benarkah Covid-19 Dapat Menyembuhkan Kanker? Ini kata Ahli

Janlika Putri Indah Sari
Jumat, 30 April 2021 - 18:48
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA - Limfoma alias folikuler adalah kanker sel darah putih yang biasanya tidak dapat disembuhkan. Untuk pengobatannya, pasien akan melalui periode terapi yang mengecilkan sebagian kanker sebelum penyakit berkembang lagi.

Melansir dari slate, Jumat (30/4/2021), itu juga dialami pada seorang pria berusia 61 tahun di Italia. Pria tersebut didiagnosis mengidap kanker pada Agustus 2019, dan segera memulai kursus kemoterapi, menyelesaikannya pada Februari 2020.

Yang dilakukan hanyalah memantau pertumbuhan tumor. Jadi, ketika pemindaian pada Juni mengungkapkan tumor pasien tampaknya tumbuh kembali. Martina Sollini, profesor kedokteran nuklir di Universitas Humanitas di Italia dan rekan-rekannya, tidak terkejut. Hasil hanya bisa dipastikan sampai biopsi negatif.

Pada biopsi lain dan pemindaian lanjutan di bulan September mengkonfirmasi temuan bila kanker telah sembuh total. Tim medisnya kemudian mencari tahu alasannya. Mereka memberikan penjelasan yang aneh yaitu ada kemungkinan remisi kanker yang tiba-tiba ada hubungannya dengan fakta bahwa pasien pada musim semi itu telah terinfeksi SARS-CoV-2.

Setelah mengesampingkan kemungkinan lain, mereka menerbitkan studi kasus pada Februari, yang mendokumentasikan salah satu dari beberapa contoh selama pandemi, yang mana para peneliti menduga bahwa kasus Covid-19 mungkin telah menyebabkan tumor menyusut.

Meski fenomena ini jarang terjadi, hal itu menunjukkan potensi terapi virus yang dikelola dengan hati-hati untuk mengobati kanker di masa depan.

Diketahui bahwa beberapa virus, seperti human papillomavirus dan hepatitis B, dapat menyebabkan kanker. Akan tetapi yang kurang dipahami adalah sisi lain dari infeksi, yaitu potensi menyembuhkannya daripada menyebabkan penyakit.

Kasus infeksi yang terkait dengan remisi kanker seperti darah, ginjal, paru-paru, dan kanker kulit, dan bahkan kanker yang telah menyebar ke organ lain telah didokumentasikan selama ribuan tahun.

Penyebutan paling awal berasal dari tahun 1550 SM. dan kata-kata dari polymath Mesir Imhotep, pengobatan kanker yang direkomendasikan sengaja menginfeksi tumor dan kemudian memotongnya.

Lalu ada kisah abad ke-13 tentang Peregrine, seorang pendeta Italia yang kemudian dikanonisasi sebagai santo pelindung pasien kanker. Menderita tumor di kaki yang akhirnya menusuk kulitnya dan menyebabkan infeksi besar-besaran, dokternya tercengang menemukan bahwa kankernya telah hilang tak lama sebelum Peregrine dijadwalkan untuk diamputasi.

Dia hidup sampai usia 85 tahun. Kankernya tidak pernah kembali.

Berabad-abad kemudian, pada 1891, seorang ahli bedah tulang New York bernama William Coley memulai usahanya selama puluhan tahun untuk menggabungkan laporan kasus sporadis ke dalam sistem pengobatan kanker.

Ia mencampurkan beberapa strain bakteri yang mematikan panas menjadi sebuah vaksin. Itu berasal dari suatu formulasi yang akan dia ubah lebih dari belasan kali selama karirnya. Kemudian dia menyuntikkan pasien kanker dengan harapan infeksi tersebut membakar penyakitnya. Dan, dalam sejumlah kasus yang mengejutkan, itu berhasil.

Pada 1990-an, ahli farmakologi di perusahaan bioteknologi Amgen menganalisis 170 catatan pasien pasien kanker stadium lanjut yang hanya diobati dengan racun Coley. Sekitar sepertiga oleh pasien Coley, dan menemukan bahwa 64 persen mengalami remisi. Tetapi Coley berjuang untuk menjelaskan mengapa metodenya berhasil, dan kesuksesannya terbukti sulit untuk ditiru orang lain.

Kritik

Pada 1894, Journal of American Medical Association mengeluarkan kritik pedas terhadap racun Coley. “Selama enam bulan terakhir, obat yang dituduhkan telah dicoba dengan setia oleh banyak ahli bedah, tetapi sejauh ini tidak ada satu pun kasus pemulihan yang diautentikasi dengan baik telah dilaporkan."

Bos Coley dari Rumah Sakit Memorial di New York, ahli patologi kanker terkenal di dunia, James Ewing melarang penggunaan racun di rumah sakit, meskipun untuk sementara. Namun racun tersebut masih digunakan di tempat lain.

Lambat laut racun Coley secara bertahap memudar dari pusat perhatian, digantikan oleh kemajuan dalam terapi radiasi dan kemoterapi serta hasil yang lebih andal dalam mengobati kanker.

Pada 1962, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS mengklasifikasikan racun Coley sebagai berstatus obat baru, yang berarti bahwa racun tersebut tidak dapat diresepkan di luar uji klinis.

American Cancer Society menempatkan racun Coley dalam daftar metode pengobatan kanker yang belum terbukti pada tahun 1965. Tapi itu bukanlah akhir dari cerita untuk pengobatan aneh tersebut.

Kebangkitan minat pada karya Coley datang dari upaya putrinya, Helen Coley Nauts, yang menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk memperjuangkan perjuangannya setelah kematiannya pada 1936.

Dalam mempelajari dan mengumpulkan lebih dari 1.000 catatan teliti pasien yang diobatinya, dia menemukan bahwa salah satu masalah utama dalam mereplikasi karyanya adalah bahwa orang lain menggunakan formulasi racun Coley yang berbeda.

Analisis komprehensifnya tentang imunoterapi Coley yang baru lahir dan pembelaannya yang tiada henti akhirnya membuatnya menjadi sekutu beberapa peneliti terkemuka, termasuk spesialis kanker Lloyd J. Old.

Bersama-sama, mereka berhasil mengeluarkan racun Coley dari daftar hitam pada akhir 1970-an dan menginspirasi gelombang peneliti yang kemudian membuat kemajuan terobosan dalam imunoterapi.

Saat ini, viroterapi onkolitik menggunakan virus hasil rekayasa genetika untuk menyerang dan menghancurkan tumor. Itu adalah bidang penelitian yang sedang berkembang dengan terapi baru yang sedang diuji dalam uji klinis untuk kanker mulai dari tumor otak yang langka dan mematikan hingga kanker kulit.

“Virus adalah teman dan musuh,” kata Mitesh Borad, ahli onkologi medis di Mayo Clinic di Arizona yang sedang mempelajari penggunaan virus untuk mengobati kanker hati.

Ada dua mekanisme utama yang digunakan virus untuk melawan tumor, kata Howard Kaufman, ahli onkologi medis di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston yang meneliti viroterapi oncolytic untuk pengobatan melanoma dan kanker kulit lainnya.

Pertama, adalah melalui langsung menginfeksi dan membunuh sel tumor. Umumnya, ini lebih mudah daripada menyerang sel normal karena sistem peringatan yang mengingatkan sistem kekebalan tentang infeksi seringkali rusak pada sel tumor.

Kedua, melibatkan perekrutan banyak bagian dari sistem kekebalan bawaan, termasuk sel-T. Mereka mencari dan menghancurkan patogen tertentu atau membantu memproduksi antibodi. Dan juga sitokin yang merupakan protein yang membantu berbagai bagian sistem kekebalan berkomunikasi. Sitokin mampu memperkuat respons imun sehingga tidak hanya menyerang target virus tetapi menyebabkan kerusakan yang lebih luas, termasuk tumor.

Badai Sitokin

Covid-19 secara khusus memicu respons peradangan besar-besaran, yang oleh beberapa peneliti digambarkan sebagai badai sitokin.

"Sementara SARS-CoV-2 adalah contoh ekstrem, kemungkinan virus secara umum menyebabkan peradangan yang memulai sistem kekebalan untuk tidak hanya mengenali patogen, tetapi juga kanker pada saat yang sama,"
Kata Grant McFadden direktur Pusat Biodesign untuk Imunoterapi, Vaksin, dan Viroterapi di Arizona State University

Tentu saja ada alasan lain selain infeksi virus sehingga tumor bisa menyusut. Setelah pasien Sollini kembali dengan biopsi negatif, dia dan timnya mempertimbangkan alasan selain infeksi SARS-CoV-2. Mungkin itu adalah efek kemoterapinya yang bertahan lama. Mungkin juga kankernya sembuh secara spontan, yang diperkirakan terjadi pada 1 dari 80.000 kasus.

Tapi tak satu pun dari penjelasan ini yang terbukti meyakinkan. "Kami berharap melihat penurunan ukuran tumor secara progresif," kata Sollini.

Sebaliknya, tumor tampak membesar sebelum sembuh efek yang mencurigakan mirip dengan fenomena flare yang kadang-kadang terlihat pada pasien kanker yang diobati dengan imunoterapi. Ini terjadi karena sel-T menyusup ke tumor untuk meningkatkan respons kekebalan, kata Sollini. Tapi pria itu tidak menjalani imunoterapi. Kemungkinan virus membantu tubuh pria itu melawan tumor, simpul mereka.

Dalam contoh lain, hubungan antara Covid-19 dan remisi tampak lebih jelas. Sebuah studi kasus yang diterbitkan di British Journal of Hematology pada bulan Januari menggambarkan pemulihan aneh seorang pria berusia 61 tahun yang didiagnosis dengan limfoma Hodgkin stadium 3 dan segera sembuh setelah Covid-19. Meskipun tidak menerima pengobatan untuk kanker itu sendiri, kondisinya secara bertahap membaik selama 11 hari dirawat di rumah sakit. Empat bulan kemudian, scan menunjukkan bahwa tumornya telah menyusut.

Untuk memperjelas, Covid-19 tidak diragukan lagi adalah musuh bukan obat kanker. Namun fenomena ini tidak dapat diprediksi dan sangat tidak umum. Kasus remisi lain pada kanker darah yang resisten terhadap pengobatan dilaporkan pada Agustus.

Dirawat di rumah sakit dengan Covid-19, gejala kanker pasien dan hasil tes darah tiba-tiba mulai membaik selama minggu kedua tinggal di rumah sakit. Tetapi perbaikan dalam kasus itu hanya sementara tidak lama setelah pasien sembuh dari Covid-19, tanda dan gejala kanker kambuh. Dan masih banyak lagi pasien kanker yang berisiko menderita komplikasi serius dari Covid-19 daripada merasakan manfaat apa pun.

Apa yang disoroti oleh semua kasus ini adalah bahwa infeksi mengaktifkan sistem kekebalan dengan cara yang belum sepenuhnya dipahami. Suatu hari, itu bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan.

Lampu Hijau

Sejauh ini, satu-satunya virus oncolytic yang disetujui oleh FDA adalah Amgen’s Imlygic. Itu merupakan versi modifikasi dari virus herpes simpleks tipe 1 yang paling dikenal sebagai penyebab herpes mulut diberikan lampu hijau pada 2015 untuk pengobatan melanoma lanjut.

Efektivitas dan efek sampingnya, sebanding dengan terapi kanker yang dikenal sebagai penghambat checkpoint imun seperti Opdivo dan Keytruda, tetapi tidak digunakan secara luas.

Luka dingin telah dilaporkan pada beberapa kasus pasien yang menerima obat. Beberapa hambatan penggunaan yang meluas berkaitan dengan logistik, kata Kaufman. Imlygic perlu disimpan dalam freezer yang mempertahankan kisaran suhu -70 hingga -90 derajat Celcius. Dan dibuang dengan hati-hati untuk mencegah kontaminasi virus. Di luar itu, masih ada pertanyaan tentang cara terbaik menggunakan virus untuk menyembuhkan tumor.

Para peneliti sedang berupaya mencari tahu apakah ada cara untuk memprediksi pasien dan kanker mana yang paling reseptif terhadap virotherapy, dan jika kekebalan yang sudah ada sebelumnya terhadap virus dapat mengganggu pengobatan.

Dan, tentu saja, masih banyak yang harus dipelajari tentang bagaimana sebenarnya virus dapat menyebabkan tumor menyusut. “Apa pun yang dapat kita pelajari tentang cara menyebabkan kemunduran kanker adalah informasi positif,” kata McFadden.

Pada akhirnya, memahami bagaimana infeksi seperti Covid-19 menyerang tumor dapat membawa kita selangkah lebih dekat menuju masa depan di mana virus direkrut sebagai sekutu yang enggan dalam mengobati kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro