Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Makanan yang Buruk untuk Kesehatan dan Kualitas Otak

Tapi tahukah Anda jika juga ada sejumlah makanan yang bisa bikin otak bermasalah?
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  08:09 WIB
Otak - medicaldaily.com
Otak - medicaldaily.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan dan kualitas otak bisa ditentukan dari apa yang Anda konsumsi.

Ada sejumlah makanan yang bisa membuat otak tambah sehat, kita tahu itu.

Tapi tahukah Anda jika juga ada sejumlah makanan yang bisa bikin otak bermasalah? Berikut daftarnya dilansir dari Webmd:

1. Margarin dan Frosting

Makanan ini, dan banyak makanan ringan kemasan, tinggi lemak trans. Anda mungkin tahu bahwa lemak trans tidak baik untuk jantung dan pembuluh darah Anda. Penelitian telah menemukan bahwa mereka juga dapat merusak fungsi otak. Sebuah studi dari jurnal Neurology menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang memiliki kadar asam elaidic (sejenis lemak trans yang umum) dalam darah mereka adalah yang paling mungkin mengembangkan demensia.

2. Alkohol

Meskipun segelas anggur atau bir tidak mungkin mengganggu pikiran Anda, alkohol secara langsung memengaruhi jalur komunikasi otak. Semakin banyak Anda minum, semakin sulit memproses informasi baru atau mengingat sesuatu. Alkohol juga dapat membuat Anda merasa bingung atau depresi.

3. Soda dan Minuman Manis Lainnya

Jika Anda ingin otak Anda tetap tajam seiring bertambahnya usia, hindari minuman super manis. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang minum banyak soda, teh manis, dan minuman manis lainnya lebih cenderung mengalami masalah ingatan. Minuman ini, yang sering kali mengandung sejenis gula yang disebut fruktosa, bahkan dapat menyebabkan bagian tertentu dari otak Anda menjadi lebih kecil.

4. Kentang Goreng dan Gorengan Lainnya

Orang yang banyak makan gorengan, makanan olahan cenderung mendapat nilai lebih buruk pada tes yang mengukur kemampuan berpikir mereka. Kemungkinan alasannya: makanan yang digoreng dan berlemak. Kesenangan yang bersalah ini menyebabkan peradangan, yang dapat merusak pembuluh darah yang memasok darah ke otak dan melukai otak itu sendiri.

5. Donat

Camilan lezat ini digoreng dan diisi dengan gula, kombinasi yang buruk dalam hal kesehatan otak. Anda mengalami peradangan double-whammy dari proses menggoreng dan kelebihan gula. Penelitian telah mengaitkan tingginya kadar gula dalam darah dengan demensia. Lebih buruk lagi: Kebanyakan donat mengandung lemak trans, bahan lain yang tidak dibutuhkan otak Anda.

6. Roti Putih dan Nasi Putih

Karbohidrat olahan, bahkan yang rasanya tidak terlalu manis, dapat meningkatkan gula darah Anda. Itu sering kali diikuti dengan kecelakaan, yang bisa membuat Anda merasa berkabut secara mental. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak karbohidrat olahan dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer, terutama pada orang-orang tertentu yang secara genetik cenderung mengalaminya. Pilih roti gandum, nasi merah, dan pasta gandum saat Anda makan karbohidrat.

7. Daging merah

Daging merah tinggi lemak jenuhnya, yang buruk bagi jantung dan otak Anda. Faktanya, membatasi daging merah adalah prinsip utama MIND Diet, program makan berbasis penelitian yang bertujuan untuk menjaga daya ingat dan pemikiran Anda tetap tajam. Ingin sumber protein yang lebih baik untuk otak Anda? Ikan, unggas tanpa lemak, dan kacang-kacangan adalah pilihan yang lebih sehat.

9. Mentega dan Keju Penuh Lemak

Rasa krim itu ada harganya. Produk susu ini penuh dengan lemak jenuh. Pengikut diet MIND menghindari mentega, keju, dan produk susu berlemak penuh lainnya. Dalam hal kesehatan otak, produk susu rendah lemak umumnya merupakan pilihan yang lebih sehat. Anda bisa mendapatkan susu, yogurt, keju cottage, dan makanan olahan susu lainnya dalam bentuk rendah lemak.

10. Ikan todak dan Ahi Tuna

Kebanyakan ahli kesehatan adalah penggemar berat ikan, tetapi jenis yang mereka sukai adalah salmon dan lainnya yang mengandung lemak sehat yang disebut asam lemak omega-3. Ikan todak, tuna ahi, dan ikan besar lainnya kehilangan poin karena cenderung mengandung merkuri tinggi. Itu adalah racun saraf - yang berarti racun bagi otak Anda - yang dapat menyebabkan risiko kehilangan ingatan yang lebih tinggi dan keterampilan berpikir yang lebih buruk pada orang dewasa yang lebih tua.

11. Dressing Botol, Bumbu, dan Sirup

Bacalah bahan-bahan pada label dengan cermat. Banyak dari produk ini memiliki sirup jagung fruktosa tinggi dalam jumlah yang sangat banyak. Itu sama dengan yang ada di soda. Ini terkait dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk kehilangan memori dan penurunan kinerja otak. Cobalah mencampurkan saus salad Anda sendiri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan otak
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top