Clubhouse merupakan aplikasi yang membiarkan penyelenggara mengadakan sebuah ruang obrolan layaknya siaran radio daring. /Bloomberg
Entertainment

Clubhouse Mulai Kehilangan Taring, Jumlah Unduhan Terus Merosot

Akbar Evandio
Sabtu, 8 Mei 2021 - 17:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Aplikasi jejaring sosial obrolan audio khusus undangan, Clubhouse mulai kehilangan taringnya setelah sempat popular pada awal 2021 yang mencapai total unduhan 9,6 juta kali per Februari 2021.

Dikutip melalui Business Insider, berdasarkan data Sensor Tower, saat ini total unduhan Clubhouse merosot tajam menjadi 900.000 ribuan kali. Penurunan jumlah unduhan pengguna ini menandakan adanya perlambatan pada platform tersebut.

Dalam perjalanannya, data Sensor Tower mencatat download Clubhouse saat ini sekitar 922.000 kali secara global pada April 2021. Angka ini mengalami penurunan 66 persen dari 2,7 juta install pada Maret dan lonjakan unduhan 9,6 juta pada Februari 2021.

"Pertumbuhan pengguna pada April tampaknya telah berkurang dalam beberapa bulan terakhir. Namun, data menunjukkan retensi kuat di antara pengguna," tulis Sensor Tower seperti dikutip Bisnis, Sabtu (8/5/2021).

Penurunan signifikan pada jumlah unduhan dinilai cukup mengkhawatirkan bagi kinerja perusahaan. Angka itu berarti jumlah pengguna potensial aplikasi tersebut masih sedikit.

Clubhouse pun mengantisipasi fenomena tersebut dengan mencoba berinovasi menghadirkan berbagai fitur baru mulai dari layanan monetisasi konten hingga sejumlah program untuk membantu para kreator konten. 

Aplikasi ini juga sedang menyiapkan ketersediaan di platform Android untuk memperluas jangkauan pengguna. Namun, usaha itu sepertinya masih belum cukup untuk menumbuhkan kembali taringnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro