Semprotkan hairspray pada bagian yang terdapat statis. /Shopee
Fashion

Cara Ampuh Menghentikan Statis di Pakaian Anda

Ni Luh Anggela
Rabu, 12 Mei 2021 - 14:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pernahkah Anda merasa sensasi seperti tersetrum ketika bergesekan dengan bahan pakaian? Atau mungkin pakaian yang Anda gunakan tiba-tiba menempel di tubuh hingga membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu penampilan? Tidak perlu kaget karena hal tersebut adalah listrik statis yang muncul akibat bergesekan dengan benda-benda pemicu.

Listrik statis adalah listrik yang diam untuk sementara waktu dan perpindahan arusnya terbatas. Pengeringan pada pakaian yang kita kenakan dan pemakaian kain berbahan tertentu seperti wool, fur, sutra, polyester, dan rayon yang dapat mengumpulkan muatan listrik menjadi pemicu adanya statis.

Ada sejumlah cara yang bisa Anda gunakan untuk menghentikan statis agar tidak mengganggu kenyamanan Anda dalam berpakaian, seperti dilansir dari Express, Rabu (12/5/2021).

1. Hindari bahan-bahan tertentu

Apabila Anda sangat rentan terhadap statis, bahan pakaian yang terbuat dari wool, fur, sutra, polyester, dan rayon perlu Anda hindari. Anda bisa menggantinya dengan menggunakan bahan pakaian yang terbuat dari katun dan kulit. Katun yang bersifat netral dan kulit asli tidak memicu reaksi statis.

2. Gunakan kondisioner khusus kain

Kondisioner kain sangat membantu karena mengurangi gesekan antar kain, sehingga tidak memicu adanya statis. Anda juga dapat menggunakan cuka anggur putih saat mencuci bersamaan dengan detergen. Ini akan membantu mengurangi statis pada pakaian Anda. Pastikan juga untuk tidak mengeringkan pakaian secara berlebihan, karena ini dapat memicu leih banyak statis pada pakaian. Apabila Anda memiliki pakaian yang terbuat dari serat sintetis, cuci dan keringkan secara terpisah dari pakaian berbahan serat alami.

3. Semprotan antistatis

Cukup semprotkan produk ini pada bagian yang terasa menempel ke tubuh akibat statis. Semprotan ini bisa Anda temukan di apotek dan membantu Anda untuk menghilangkan statis pada pakaian dengan cepat.

4. Gunakan hairspray

Semprotkan hairspray pada bagian yang terdapat statis. Usahakan untuk menyemprotkannya dari jarak yang cukup jauh dari tubuh, sehingga tidak secara langsung membasahi pakaian Anda. Berhati-hatilah saat menyemprotkan hairspray agar percikan semprotannya tidak mengenai mata Anda.

5. Gunakan gantungan kawat

Jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup, Anda bisa menggunakan gantungan kawat. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menggantung pakaian di gantungan kawat. Gantungan kawat akan menyerap statis dengan cukup cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro