Dokter menyuntikkan vaksin virus corona (Covid-19) ke penerima vaksin. Efek samping suntikan biasanya pegal, nyeri pada bekas suntikan dan demam. Efek samping bersifat sementara dan bisa dihilangkan/Antara
Health

Efek Samping Vaksinasi, Lakukan Hal Ini Setelah Divaksin Covid-19

Lukman Nur Hakim
Kamis, 3 Juni 2021 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Suntikan vaksin virus corona (Covid-19) menimbulkan beberapa efek samping bagi masyarakat yang mendapatkan vaksin dan ada baberapa cara untuk menghilangkan nyeri dan rasa sakitnya.

Program vaksin terus digencarkan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menanggulangi pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Pemberian vaksin sudah dilakukan mulai dari awal 2021, dengan kelompok prioritas yang mendapatkan vaksin virus corona adalah tenaga kesehatan (Nakes), lansia dan terakhir masyarakat umum. Namun, pada saat pemberian vaksin banyak dari masyarakat yang langsung lelah atau pusing setelah disuntik vaksin.

Dilansir dari akun Twitter Indonesia Baik, hal tersebut merupakan efek samping dari pemberian vaksin, dan wajar terjadi bagi masyarakat yang baru diberikan vaksin.

“Usai Vaksinasi Covid-19, biasanya timbul efek samping dengan reaksi yg berbeda-beda. Tapi tenang saja ya, SohIB! Reaksi tersebut aman karena kekebalan tubuh sedang bereaksi terhadap antigen yg terkandung dalam Vaksin,”  cuit akun @IndonesiabaikID, Selasa (2/6).

Dilansir dari Indonesia Baik, berikut hal hal yang harus dilakukan setelah melakukan vaksinasi :

1. Tetap tenang, ini merupakan hal wajar

2. Kompres air dingin jika nyeri, bengkak dan kemerahan di area suntikan.

3. Jika demam, maka kompres atau mandi air hangat, istirahat dan minum air putih cukup.

4. Minum obat bila perlu.

5. Laporkan semua reaksi/keluhan yang dialami kepada petugas kesehatan.

Perlu kalian ketahui jika efek samping dari vaksinasi hanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya. Serta, manfaat dari vaksin jauh lebih besar dibanding risikonya. Vaksin juga terjamin aman, punya reaksi lokal dan efek sistemik rendah dan imonugenitasnya tinggi. Maka dari itu, jangan perlu panik untuk di vaksinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro