Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Jenis Makanan yang Kaya Vitamin K2, Bisa Bantu Diet Anda

Anda juga bisa mendapatkan suplemen vitamin K, namun uji klinis menunjukkan bahwa vitamin K yang kita konsumsi dari makanan lebih efektif dalam tubuh kita. Tubuh kita membuat beberapa vitamin K di usus besar, dan kebanyakan orang mendapatkan sisa dari apa yang mereka butuhkan dari makanan mereka.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  15:33 WIB
Kuning dan putih telur. - Istimewa
Kuning dan putih telur. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Vitamin K adalah nutrisi penting yang larut dalam lemak yang dibutuhkan tubuh kita untuk  pembekuan darah. Vitamin K merupakan istilah yang diberikan kepada keluarga senyawa yang mirip tetapi agak berbeda.  Itu datang dalam dua bentuk:

-  Vitamin K1, (phylloquinone) yang dapat ditemukan dalam sayuran hijau, sayuran, dan beberapa minyak tumbuhan
-  Vitamin K2, (menaquinone) yang dapat ditemukan dalam susu, makanan fermentasi, dan produk hewani

Anda juga bisa mendapatkan suplemen vitamin K, namun uji klinis menunjukkan bahwa vitamin K yang kita konsumsi dari makanan lebih efektif dalam tubuh kita. Tubuh kita membuat beberapa vitamin K di usus besar, dan kebanyakan orang mendapatkan sisa dari apa yang mereka butuhkan dari makanan mereka.

Baik vitamin K1 dan K2 memastikan pembekuan darah yang sehat, mencegah pendarahan yang berlebihan dan memar ketika pembuluh darah terluka. Tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka memainkan peran yang berbeda dalam aspek lain dari kesehatan kita, dengan vitamin K2 menambahkan manfaat kesehatan independen dari K1.

Namun, belum ada set asupan yang direkomendasikan khusus untuk vitamin K2. Anda harus mendapatkan antara 90 dan 120 mikrogram vitamin K — tetapi persyaratan ini didasarkan pada vitamin K1 yang dibutuhkan untuk mencegah pendarahan.

Vitamin K2 memiliki beberapa manfaat, diantaranya menjaga kesehatan jantung, menjaga tulang tetap kuat hingga memiliki sifat antikanker.  Makanan yang mengandung vitamin K2 juga diketahui sangat baik dalam membantu diet Anda.
 
Berikut delapan makanan kaya vitamin K2 yang dapat membantu Anda mencapai keseimbangan yang lebih baik dalam diet Anda, seperti dilansir dari WebMD, Rabu (9/6/2021).

1. Natto
 Natto adalah makanan Jepang yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Natto memiliki banyak nutrisi yang meningkatkan kesehatan usus yang baik dan merupakan sumber vitamin K2 terkaya yang tersedia. Satu porsi 100 gram mengandung 108 mikrogram vitamin K2, lebih dari dua kali lipat dari asupan yang direkomendasikan.

2. Belut

Meskipun sebagian besar sumber vitamin K2 berasal dari hewan, belut menawarkan alternatif makanan laut. Ada 63 mikrogram dalam 100 gram porsi belut, memenuhi tingkat yang direkomendasikan untuk satu hari.

3. Keju

Keju adalah salah satu sumber vitamin K2 terbaik bersama dengan nutrisi seperti kalsium, vitamin A, dan protein. Namun, mereka juga tinggi lemak jenuh dan kalori, jadi Anda harus mengatur porsi Anda. Kandungan vitamin K2 bervariasi berdasarkan keju, dan meningkat seiring bertambahnya usia di semua jenis. Keju umum dengan jumlah vitamin K2 tertinggi per porsi 50 gram meliputi:

50 mikrogram di Munster
34 mikrogram dalam Camembert
Sekitar 32 mikrogram di Edam dan Gouda yang sudah tua
12 mikrogram dalam cheddar

4. Hati Sapi

Hati sapi adalah salah satu produk daging paling bergizi yang dapat Anda makan, mengandung seluruh kebutuhan harian Anda untuk nutrisi seperti vitamin A, riboflavin, folat, dan tembaga. Sajian 100 gram juga memiliki lebih dari 11 mikrogram vitamin K2, menjadikannya sumber vitamin berbasis daging terbaik.

5. Ayam
Jika Anda bukan penggemar daging organ seperti hati, beralihlah ke ayam untuk mendapatkan vitamin K2 Anda. Dengan 10 mikrogram per porsi, ayam memiliki kandungan vitamin K2 lima sampai 10 kali lipat dari daging sapi atau babi.

6. Mentega

Satu sendok makan mentega memiliki 2,1 mikrogram vitamin K2. Namun, sendok makan yang sama mengandung sekitar 100 kalori dan 11 gram lemak, jadi pastikan porsi Anda tetap kecil untuk menghindari potensi risiko kesehatan dan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

7. Sauerkraut

Sauerkraut adalah kubis yang difermentasi dengan rasa asam yang khas. Seperti halnya natto, proses fermentasi ini menawarkan banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan 2,75 mikrogram per setengah cangkir, asinan kubis juga merupakan sumber vitamin K2.

8. Kuning Telur

Kuning telur dapat mengandung antara 67 dan 192 mikrogram vitamin K2. Jumlah ini tergantung pada apa yang dimakan ayam. Sebagian besar pakan ayam saat ini diperkaya dengan vitamin K, dan kandungan ini diteruskan ke telur. Tapi ayam yang diberi makan jagung atau diet berbasis kedelai lebih berisiko kekurangan vitamin K.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin keju
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top