Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada 6 Gejala Darurat Covid-19 Berikut Ini

Maka dari itu pemulihannya pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Gejala umum pasca Covid meliputi kelelahan, nyeri otot, rambut rontok, pusing adalah beberapa gejala pemulihan pasca-COVID yang normal.
Sartika Nuralifah
Sartika Nuralifah - Bisnis.com 11 Juni 2021  |  16:26 WIB
Ilustrasi sakit dada - istimewa
Ilustrasi sakit dada - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Covid-19 tidak seperti pilek dan flu biasa. Gejalanya lebih parah dan bertahan lama setelah pemulihan.

Maka dari itu pemulihannya pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Gejala umum pasca Covid meliputi kelelahan, nyeri otot, rambut rontok, pusing adalah beberapa gejala pemulihan pasca-COVID yang normal.

Beberapa gejala darurat virus corona memerlukan perhatian medis segera karena kelalaian sekecil apa pun dapat menyebabkan kita harus menjalankan rawat inap bahkan kematian. Berikut gejala darurat COVID-19 yang perlu kita ketahui.

1. Kerusakan ginjal

Mereka yang menderita diabetes dan tekanan darah tinggi harus lebih memperhatikan kesehatan mereka pasca-COVID. Kadar gula darah yang tinggi dan merasa sakit pada bagian perut harus diperhatikan.

2. Nyeri dada

Nyeri dada atau sensasi terbakar pada paru-paru dapat diindikasikan sebagai peradangan paru-paru yang parah atau cedera pada jantung. Sekitar sepertiga orang yang meninggal karena COVID-19 mengeluhkan sakit di bagian dada, sehingga hal ini tidak boleh diabaikan.

3. Sakit kaki atau bengkak

Nyeri kaki, pembengkakan satu sisi, detak jantung yang cepat dan kelemahan anggota badan dapat dikaitkan dengan pembentukan gumpalan darah di dalam tubuh. Jika diabaikan, tanda-tanda ini dapat memengaruhi kesehatan jantung kita.

4. Sesak napas

Kesulitan bernapas dan sesak dada merupakan tanda bahwa paru-paru kita tidak berfungsi dengan baik. Hal ini sering terjadi pada kasus penderita COVID-19 yang parah.

5. Sakit tenggorokan dan refluks asam

Sakit tenggorokan dan refluks asam dikaitkan dengan masalah pencernaan, gejala COVID-19 ini terlihat pada sekitar 61 persen kasus. Orang dengan riwayat penyakit gastrointestinal biasanya tidak rentan terhadap masalah ini.

6. Gangguan memori atau kabut otak

Post-Traumatic Stress Disorder adalah masalah yang mengkhawatirkan, terutama untuk pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit, Jika kita mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas, segera konsultasikan dengan profesional.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gejala Penyakit Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top