Vaksin Covid-19 buatan Pfizer./Antara-Reuters
Health

Ini Perincian 9 Vaksin Covid-19 yang Beredar dan Harganya

Sartika Nuralifah
Rabu, 23 Juni 2021 - 18:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyaknya vaksin yang di produksi membuat kita bingung untuk menentukan vaksin apa yang sekiranya akan kita gunakan.

Berikut ini adalah daftar beberapa vaksin yang didistribusikan di AS dan negara-negara lain dilansir dari Biospace.

1. Pfizer-Biontech.

Vaksin Pfizer-Biontech Covid-19 dikirim ke FDA untuk otorisasi penggunaan darurat (EUA) pada 20 November dan diotorisasi pada 11 Desember. Ini adalah vaksin mRNA yang mengkode protein lonjakan virus dan dienkapsulasi dalam lipid. nanopartikel.

Setelah disuntikkan, sel-sel dapat menyingkirkan protein lonjakan, memicu sistem kekebalan tubuh untuk mengenali virus. Dalam uji coba fase III, itu menunjukkan kemanjuran 95%. Vaksin Pfizer-Biontech membutuhkan penyimpanan sekitar -94 derajat F, dan membutuhkan freezer khusus.

Sekarang diotorisasi untuk remaja 12 hingga 15 tahun.

Jenis: MRNA.

Dosis: 2, 21 hari terpisah

Tanggal EUA: 11 Desember 2020

Harga: US$19,50 per dosis untuk 100 juta dosis pertama

Khasiat: sekitar 95% dan 100% untuk mencegah rawat inap dan kematian.

Varian: Data lab menyatakan cukup efektif terhadap varian virus dari Inggris serta varian Afrika Selatan dan Amerika Latin. Data menunjukkan bahwa vaksin ini efektif terhadap varian Delta.

2. Moderna

Vaksin moderna stabil pada 36 hingga 46 derajat F, tentang suhu rumah standar atau kulkas medis, hingga 30 hari dan dapat disimpan hingga enam bulan di -4 derajat F.

Jenis: MRNA.

Dosis: 2, 28 hari terpisah

Tanggal EUA: 18 Desember 2020

Harga: US$25- US$37 per dosis

Khasiat: sekitar 95%. Rupanya 100% untuk mencegah rawat inap dan kematian.

Varian: Data lab menyarankan  cukup efektif terhadap varian dari  Inggris serta varian Afrika Selatan dan Amerika Latin.

3. AstraZeneca-University of Oxford

Analisis gabungan menunjukkan kemanjuran rata-rata 70%. Vaksin AstraZeneca dapat disimpan, diangkut dan ditangani pada kondisi pendingin normal, sekitar 36-46 derajat F selama setidaknya enam bulan dan dikelola dalam pengaturan kesehatan yang ada.

Pada tanggal 25 Maret 2021, AstraZeneca merilis analisis primer bahwa vaksin menunjukkan kemanjuran 76% terhadap kemanjuran simptomatik-19, 100% kemanjuran terhadap penyakit parah atau kritis dan rawat inap, dan kemanjuran 85% terhadap gejala covid-19 pada orang berusia 65 tahun ke atas.

Jenis: Berbasis Adenovirus

Dosis: 2, 28 hari terpisah

Tanggal  EUA: Diotorisasi di Eropa pada 12 Januari 2021, dan negara-negara lain, tetapi tidak mungkin di M.S. sampai musim semi

Harga: US$2,15 (A.S.) dan US$3-4 (A.S.) di Inggris serta US$5,25 (A.S.) di Afrika Selatan

Khasiat: Saat ini sekitar 70% secara keseluruhan.

Varian: Setidaknya satu penelitian menemukan vaksin jni memiliki sedikit efek terhadap varian Afrika Selatan, tetapi tampaknya efektif melawan varian Inggris dan Brasil.

4. Johnson & Johnson

April 2021, CDC dan FDA merekomendasikan jeda pada distribusi vaksin Johnson & Johnson Covid-19. Enam kasus jenis bekuan darah "langka dan parah dan berat" telah diidentifikasi. Gumpalan yang diamati dengan vaksin J & J adalah blombosis sinus sinus serebral (CVST) dalam kombinasi dengan kadar trombosit darah yang rendah, yang disebut trombositopenia.

Keenam kasus berada pada wanita antara usia 18 dan 48 dan terjadi enam hingga 13 hari setelah menerima vaksin dosis tunggal. Keenam kasus ini sangat jarang, dari lebih dari tujuh juta dosis yang diberikan. Komite Penasihat FDA diperkirakan akan membuat rekomendasi untuk melanjutkan distribusi pada 23 April.

Jenis: Berbasis Adenovirus

Dosis: 1.

Harga: US$10 per dosis

Khasiat: Dalam uji klinis global J & J, itu menunjukkan kemanjuran 66% untuk mencegah infeksi covid-19 simtomatik. Di A.S. Itu sedikit lebih tinggi, 72%. Tampaknya 100% efektif untuk mencegah rawat inap dan kematian.

Varian: Berdasarkan studi klinis di Afrika, Inggris dan Amerika Latin, ada bukti vaksin ini efektif terhadap varian, meskipun kurang dari strain Afrika Selatan dan Amerika Latin.

5. Vaksin Sputnik V Rusia

Sekitar 11 November, Pusat Penelitian Nasional Rusia untuk Epidemiologi dan Mikrobiologi, yang diotorisasi Rusia untuk digunakan pada Agustus diklaim memiliki tingkat kemanjuran 92% setelah dosis kedua. Itu didasarkan pada analisis sementara pertama 21 hari setelah injeksi pertama selama studi fase III yang sedang berlangsung.

Jenis: Berbasis Adenovirus

Dosis: 2.

Tanggal EUA: Tidak berlaku di A.S.

Harga: US$10 per dosis

Khasiat: 91,4%

Varian: Tidak Diketahui. Data uji klinis sebagian besar dilakukan di Rusia sebelum munculnya varian utama.

6. Sinovac Biotech

Pada 13 Januari 2021, Sinovac Biotech berbasis China melaporkan bahwa vaksin Covid-19 memiliki kemanjuran 50,38% dalam uji klinis tahap akhir di Brasil. Uji klinis perusahaan menunjukkan tingkat efikasi yang bervariasi secara dramatis. Di Indonesia, persidangan lokal menunjukkan tingkat kemanjuran 65%, tetapi persidangan hanya memiliki 1.620 peserta. Turki melaporkan tingkat kemanjuran 91,25% pada Desember 2020.

Percobaan lain di Brasil dijalankan oleh mitra lokal, Butantan Institute, melaporkan tingkat kemanjuran 78% pada kasus-kasus ringan sementara 100% terhadap infeksi parah dan sedang. Ini adalah vaksin yang tidak aktif yang menggunakan virus SARS-COV-2 yang tidak aktif.

Pada Mei 2021, yang meminta lebih banyak data dari perusahaan sehubungan dengan keselamatan tembakan dan proses pembuatannya. Mereka ingin menentukan apakah itu sesuai dengan standar WHO dan berharap untuk membuat keputusan pada bulan Juni.

Jenis: Virus SARS-COV-2 yang tidak aktif

DOSES: 2.

Tanggal EUA: Tidak berlaku di A.S.

Harga: US$60 di China (US$29,75 per dosis)

Khasiat: 50,38% hingga 91,25%, tergantung pada uji klinis

Varian: Tidak Diketahui, meskipun sebuah studi di Brasil menunjukkan kemanjuran 50,4% untuk mencegah infeksi simtomatik.

7. Novavax.

Pada tanggal 28 Januari 2021, Novavax mengumumkan bahwa vaksin Covid-19, NVX-COV2373, mencapai titik akhir primer dengan kemanjuran vaksin 89,3% dalam uji coba fase III di Inggris. Vaksin ini adalah kandidat vaksin Covid-19 berbasis protein. Ini juga memiliki data dari uji coba IIB fase Afrika Selatan dan beberapa uji fase I, II dan III. Ini telah menunjukkan kemanjuran klinis yang tinggi terhadap varian Inggris dan Afrika Selatan juga.

Vaksin ini berisi protein lonjakan prefusi penuh, prefusi yang dibuat menggunakan teknologi nanopartikel rekombinan Perusahaan dan matriks-M yang berbasis di Saponin. Stabil pada 2 hingga 8 derajat C dan dikirim dalam formulasi cair siap pakai.

Jenis: vaksin berbasis protein

DOSES: 2.

Tanggal EUA: Mungkin pada bulan Maret atau Februari 2021 di Inggris.  Saran terbaru untuk EUA di A.S. Mei 2021.

Harga: US$16 di AS

Khasiat: 90,4%

Varian: Efektif terhadap Inggris dan Afrika Selatan

8.Cansino Biologics.

Vaksin Cansino Biologics dikembangkan bersama dengan militer Cina. Ini memiliki tingkat kemanjuran 65,7% dalam mencegah kasus simtomatik. Ini didasarkan pada analisis multi-negara yang pertama kali diposting di Twitter oleh Faisal Sultan, Penasihat Kesehatan Pakistan, pada 8 Februari 2021.

Uji klinis Fase III mencakup 30.000 peserta dan menunjukkan 90,98% kemanjuran dalam mencegah penyakit parah. Itu hanya membutuhkan satu tembakan. Telah sepakat untuk memasok 35 juta dosis ke Meksiko dan sedang dalam pembicaraan dengan Malaysia untuk 3,5 juta tembakan. Pakistan menjalankan salah satu cobaan terbesar, dan telah dikontrak untuk 20 juta tembakan. Ini juga bekerja dengan WHO untuk persetujuan vaksin melalui program COVAX.

Jenis: Antigen dari virus SARS-COV-2 ke Adenovirus.

Dosis: 1.

Harga: Tidak Diketahui

Kemungkinan Tanggal EUA: Tidak berlaku di A.S.

Khasiat: 65,7% untuk mencegah kasus simtomatik; 90,98% khasiat dalam mencegah penyakit parah.

Varian: Tidak Diketahui

9. Bharat biotek

Pada tanggal 22 April 2021, India Bharat Biotech melaporkan data sementara dari uji coba fase III dari covaxin vaksin Covid-19, yang menunjukkan kemanjuran 100% terhadap infeksi parah. Vaksin ini dikembangkan dengan strain benih dari Dewan Indian (ICMR) Institute of Virologi Nasional (ICMR).

Ini adalah vaksin yang sangat dimurnikan dan tidak aktif. Analisis sementara kedua menyarankan kemanjuran 78% terhadap penyakit ringan, sedang dan berat, dan kemanjuran 70% terhadap penyakit asimptomatik. Tidak memerlukan penyimpanan sub-nol, tidak ada persyaratan rekonstitusi, dan siap menggunakan cairan dalam botol multi-dosis, stabil pada 2-8 derajat celcius.

Jenis: virus SARS-COV-2 yang tidak aktif menggunakan teknologi platform sel vero yang tidak aktif.

Dosis: 2, 28 hari terpisah

 Tanggal EUA: Tidak berlaku di A.S.

Harga: ?150 atau sekitar US$2 (A.S.), Meskipun itu tampaknya merupakan low-end dari harga pasar terbuka di India.

Kemanjuran: 100% terhadap infeksi parah; 78% terhadap ringan, sedang dan berat; 70% terhadap asimptomatik

Varian: Wildtype; dapat menetralisir varian UK

9. Abdala and Soberana 2 Vaccines

Pemerintah Kuba mengumumkan pada 22 Juni 2021, bahwa vaksin Abdala tiga suntikannya memiliki tingkat kemanjuran 92% terhadap COVID-19.

Mereka tidak memberikan rincian tentang uji klinis. Baru-baru ini juga diumumkan bahwa vaksin COVID-19 lainnya, Soberana 2, memiliki kemanjuran 62% setelah dua dari tiga suntikannya. Abdala dibuat oleh Pusat Rekayasa Genetika dan Bioteknologi Kuba. Soberana 2 dikembangkan oleh perusahaan biofarmasi milik negara, BioCubaFarma, yang mengawasi Institut Finlay dan Pusat Rekayasa Genetika dan Bioteknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro