Delta Plus virus corona
Health

Cara Jitu Jadi Keluarga Kuat dan Sehat Hadapi Covid-19

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 29 Juni 2021 - 13:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes, dr. Erna Mulati M.Sc mengatakan keluarga adalah senjata yang paling penting untuk memperkuat melawan Covid-19.

Keluarga yang tangguh dalam disiplin melaksanakan protokol kesehatan akan minim tertular Covid-19.

"Jika keluarga memiliki pengetahuan, budaya dan juga sadar akan protokol kesehatan, ini akan melindungi seluruh anggota keluarga dan juga orang lain disekitarnya," ujarnya secara virtual pada Seminar Nasional Membangun Ketangguhan Keluarga: Membentuk Inisiatif dan Dukungan Kesehatan Jiwa, Selasa(29/6/2021).

Erna menyebutkan, pada tanggal 27 Juni 2021 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 21.342 kasus. Angka itu adalah rekor tertinggi di Indonesia sejak awal pandemi.

Untuk membuat situasi ini segera berakhir, lapisan lingkungan yang paling dekat adalah keluarga. Jika dari keluarga tidak mempunyai perlindungan yang kuat, maka semakin banyak kasus di Indonesia.

Oleh karena itu, seluruh anggota keluarga wajib disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M.

5M adalah mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, memakai masker dengan benar, menjaga jarak aman minimal 2 meter, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Keluarga juga harus patuhi 3T yaitu Tes, Telusur kontak erat, dan Tindak lanjut dan terapi/perawatan.

"Dan yang paling terakhir adalah jangan sampai kelewatan untuk vaksinasi. Dengan vaksinasi, akan melindungi anak dan lansia yang rentan pada virus Covid-19," tutup Erna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro