Ilustrasi anak suntik vaksin
Health

Moms, Ini Kiat Aman Jaga Anak yang Belum Divaksinasi Covid-19

Ni Luh Anggela
Selasa, 6 Juli 2021 - 14:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kasus infeksi virus corona pada anak-anak mulai mengalami peningkatan, sehingga pemberian vaksin Covid-19 kepada anak-anak diperlukan untuk memutus rantai penularan virus corona.
 
Saat ini, pemerintah Indonesia telah memberikan izin untuk vaksinasi Covid-19 kepada anak usia 12 hingga 17 tahun, pasca terbitnya izin penggunaan darurat (Emergency Use of Authorization) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk vaksin Sinovac. Namun, untuk anak yang berusia 12 tahun, masih belum bisa diberikan vaksin.
 
Penelitian lebih lanjut masih diperlukan guna memastikan keamanan dan efektivitas vaksin Covid-19 bagi anak-anak di bawah 12 tahun sebelum vaksin bisa digunakan secara luas.
 
Sembari menunggu tersedianya vaksin Covid-19 untuk anak-anak di bawah 12 tahun, Anda bisa mengikuti beberapa tips tetap aman jika anak-anak belum menerima vaksin Covid-19, seperti dilansir dari health.harvard.edu, Selasa (6/7/2021).
 
1. Pastikan semua orang yang dapat divaksinasi, telah divaksinasi

Semua orang yang dimaksud adalah Anda sebagai orang tua, saudara kandung, keluarga serta teman lain yang sering Anda jumpai atau ingin Anda temui bersama dengan sang anak.
 
2. Berada di luar ruangan sebanyak mungkin

Ketika anak berada di luar ruangan, risiko tertular virus lebih rendah. Anak-anak tidak harus memakai masker di luar ruangan jika mereka bersama keluarga inti mereka, atau dalam pertemuan kecil dengan orang yang sudah divaksinasi. Jika terdapat gabungan orang yang belum divaksinasi dan sudah divaksinasi, anak perlu untuk menggunakan masker.
 
3. Hindari keramaian, bahkan di luar ruangan

Meskipun masker membantu mengurangi risiko terpapar virus ini, tempat ramai dapat berisiko, bahkan bagi mereka yang telah divaksinasi. Risikonya mungkin tidak terlalu tinggi di komunitas dengan jumlah kasus Covid-19 yang rendah, tetapi Anda tidak dapat mengetahui ke mana saja orang-orang dalam kerumunan itu bepergian baru-baru ini.
 
4. Berhati-hatilah di dalam ruangan

Orang yang tidak divaksinasi, termasuk anak-anak, harus memakai masker di ruang publik, terutama ketika berada di dalam ruangan. Jika Anda memiliki anak, mungkin lebih baik jika Anda tidak menghabiskan waktu berlama-lama di restoran misalnya, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.
 
5. Ketika mengunjungi keluarga lain bersama anak, yang paling aman adalah semua orang memakai masker

Jika Anda ingin mengunjungi keluarga lain, pastikan bahwa keluarga yang Anda kunjungi cukup aman bagi anak-anak untuk melepas masker mereka. Dan pastikan pula jika keluarga yang Anda kunjungi tidak kontak langsung dengan orang yang terinfeksi Covid-19 atau menunjukkan gejala-gejala apapun.
 
Semua orang mungkin lelah dengan pandemi ini, namun mengambil beberapa tindakan pencegahan ekstra bukanlah ide yang buruk. Lebih baik aman daripada menyesal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro